Kyai Abdulloh Fakih Mengisi Pengajian di Ponpes Kanjeng Sewu

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima.com | Pengajian rutin setiap malam Jum’at di Pondok Pesantren Kanjeng Sewu, selalu diikuti banyak jamaah. Pasalnya pengajian yang sebelumnya dihibur dengan gending-gending jawa bernuansa Islami dan diiringi dengan penabuh gamelan yang elok, menambah daya tarik para jama’ah yang hadir pada setiap malam Jum’at.

Pendok Pesantren Kanjeng Sewu yang dipimpin oleh Kyai Kanjeng Sewu alias Kyai Suhani Tirto bertempat di Desa Tanggul Wonoayu Kabupaten Sidoarjo.

Pada setiap malam Jum’at Kyai Tumbak sewu KH Abdulloh Faqih sering mengisi ceramah di Pendopo Kyai Kanjeng Sewu.

Materi yang disampaikan tentang Ketauhitan kepada Alloh yang di kemas dengan seni dan budaya bangsa dengan beraneka macam  wayangan Gending  kidungan dan irama padang pasir dan Sholawat al banjari, terkadang juga orkes melayu bersama para seniman.

Kanjengsewu mengatakan kegiatan ini di mulai sejsk tahun 2000 sampai sekarang  dan selalu di penuhi dengan para santri dan masyarakat sekitar juga dari berbagai kota di jatim, ada dari Caruban Madiun Surabaya Malang Mojokerto Gresik, Lamongan dan Jombang kadang juga wayangan, yang jelas mengikuti jejak Sunan Kalijogo.

Pondok pesantrenya bernama pondok pesantren Kanjengsewu sebuah nama yg khas julukan kuai Suhani bertempat di tanggul kulon kecamatan wono Ayu Krian Sidoarjo

Hadir setiap malam Jum’at Kyai Tumbaksewu Alias KH Abdulloh Faqih yang juga sebagai Ketua Umum DPP IDMI ( Ikatan Dai Muda Indonesia).

Dalam ceramahnya Kyai Faqih selalu menyampaikan masalah budaya seni kearifan lokal kebangsaan pancasila dan ke indonesiaan yang kekinian.

Dua Tokoh kharismatik kanjengsewu dan kanjeng Tumbaksewu ini bertemu di tahun ini bersepakat menjalin kerjasama dalan pengembangan dakwah Islamiyah secara Tradisional dan modern, Hadir di malam Jum’at Paing kemarin bertepatan tanggal 8 oktober 2020 M Efendi SH MH CeO beritalima yang juga menyampaikan materi tentang berita Hoax, Sharing sebelum di Share.
 
Audien merasa kaget duet penceramah Efendi dan kyai Faqih terasa enak guyub dan mesra penuh humor merakyat dan Efendi secara lugas menyampaikan bahwa dirinya bukan ustat stau kyai tapi pimpinan media beritalima.com dan santrinya Kyai Faqih yang pernah di mengusulkan Kyai Faqih sebagai calon menteri di kabinet Jokowi Makruf Amin, dan bahkan sampai sekarang masih di promosikan sebagai calon menteri siapa tahu malam jum’at ini doa kita di dengar Alloh SWT dan  Kyai  Drs KH Abdullah Faqih  bisa jadi menteri atau tugas pembantu presiden di kabinet di BUMN atau lainya.
 
Kyai Faqih ini seorang muda berorestasi punya visi misi yang bagus untuk negara kita, juga visioner kata lainya.

Selain mantan Aggita DPRD Jatim juga aktifis NU dan saat ini NU Kultural dakwahnya sangat berpengaruh di masyarakat, gayanya yang humoris juga orangnya ganteng dan santun.
 
Terkadang dakwahnya diselingi lantunan lagu melayu ala Rhoma Irama karena beliu juga salah satu penasehat di PAMMI Jatim dan Surabaya sangat dekat dengan Hj Puri Rahayu ketua PAMMI Jatim bak sejoli dalam syair dan syiar semoga sama sama sukses.

Puri Rahayu seorang artis jatim dan nasional  sangat cocok bermitra dakwah dengan Kyai Faqih, Ibu Puri punya artis sebagai penyair kyai Faqih punya anggota Da’i sebagai pen syiar klop sudah syair dan syiar bersatu membina bangsa.
 
Hidup indah dengsn seni hidup terarah dengan Agama kata kyai kondang almarhum Zainuddin MZ
Dalam Riwayat hidupnya Kyai faqih ternyata juga pernah menjadi sekertaris Koorda atau koordinator dakwah KH Zainuddin MZ bersama KH RPA Mujahid Anshori dan KH Mahfudh Syamsulhadi dan KH R Ali Bandri Zaini  tokoh kharismatik asal madura.

Dslam perjalan dakwahnya selain menggandeng para seniman juga dekat dengan pemegang kekuasaan berteman dengan banyak menteri dan berani menasehatinya.
 
Dengan jajaran muspida juga cukup akrab  pencetus Dai kamtibmas di era Kapolri Jenderal Pol H Rusmanhadi yang dulu selalu menyelenggarakan pelatihan Dai Kamtibmas dan pernah menulis buku kamtibmas melalui masjid dan majlis taklim juga Dakwah pamswakarsa di era Gubernur Basofi Sudirman (alm).

Kyai faqih ternyata juga masuk daftar dalam 100 orang tokoh berpengaruh di Jawa Timur yang di terbitkan Republika era 1995.

Dikalangan Pemuda sangat dikenal baik di KNPI, AMPI, NU, Anshor atau Pemuda Masjid bahkan sosok sederhana ganteng dan santun ini selama menduda ini menjadi rebutan atau incaran banyak janda muda kelakarnya sayang kyai muda ini pilihanya masih rahasia selain putih  atau wanita sholihan saja pak kyai hahaha jawabnya enteng saja yang penting ahlahnya cantik boleh dari boleh penyanyi atau dosen yang baik menurut Alloh
 
Oleh kyai Kanjengsewu atau Romo yai Suhani atau Suhu sunati tirto utomo Kyai Faqih di anggap adiknya atau anak angkat beliau sangat cocok dalam perjuangan dakwah bersama Kyai Abdullah Faqih yang punya sebutan kyai Tumbaksewu sedangkan kyai Suhani Kyai Kanjengsewu jadi pas, Itupun diketemukan dalam masa 19 tahun mengembara kyai Faqih julukan lain sarjana quburan atau Sarkub oleh teman-temannya karena selalu gemar ke makam makam leluhur.
 
Dan kslau doa kyai Faqih ini teman yang di belakanya Pasti disebut dalam doa dan santrinya ada dimana mana, ada Polisi Tni, Jaksa, Hakim, Pengusaha dari berbagai suku dan ras.
 
Segudang pengalaman yang dimiliki pantaslah kalau andai pak presiden mengambil beliau sebagai patner atau mitra kerja baik di kementerian atau BUMN.

Beliau saat ini juga sebai ketua umum Relawan Jokowi Makruf  Bravo5 atau BaraJM Bravo 5 yaitu Relawanya bukan ormasnya, kalau Ormasnya ketua umumnya menteri Agama RI Jenderah M Fachrurrozi.
Beliau kyai Faqih juga ketua PW Mathlaul Anwar Jatim Ketua Umum DPP iIatsn Dai Muda Indonesia juga pengurus DPP Barisan Relawan Jokowi Presiden yang sekarang berubah menjadi Jalan perubahan BsraJP pusat bahkan sempat jadi calon Ketua Umum yang diusulkan oleh Ketua BaraJP Jatim Moch. Efendi, SH, MH bersaing Viktor sirait ketum sekarang yang juga komisaris di Waskita Karya.

Kyai Faqih pada masa pendidikan dari MI atsu SD selalu jadi ketua kelas ketua Osis pokoknya selalu ketua walau semua tanpa gaji.

Didunia artis masuk dunia seni masuk di jajaran kyai terkenal dunia usaha juga pemilik PT Bumi Bintang Sejahters PT Media berita9 dan PT Bumi Bintang Sholawat yang selain travel umroh dan gaji juga produksi madu bawang lanang dan kopi lanang dan berbagai pruduk herbal juga penulis banyak buku seperti dibawah jendela kakbah kumpulan nasehat ulama besar juga kamtibmas melalui masjid juga Awas bahaya latin narkoba masih banyak yang lain.

Kyai Faqih tokoh muda visioner cerdas santun humoris dermawan dialah Abdullah Faqih oh iya selain mantan DPRD juga mantan calon Bupati yang di usung 27 parpol di lsmongan 2005 era bupati Masfuk pereide 2.

Selamat berkarya sahabat Faqih, kyai muda selamat semoga dipilih jadi kabinet presiden doa seniman dan kita semua untuk pak Kyai Faqih. (Red).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait