La Nyala Pimpin Sidang Pimpinan Parlemen MIKTA Di Meksiko

  • Whatsapp

MEKSIKO, beritalima.com – Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, memimpin sidang untuk para pimpinan parlemen MIKTA di Kota Meksiko, Kamis 7 November 2019.

Sidang yang membahas perkembangan ekonomi kreatif dan keterlibatan masyarakat ini, diikuti oleh parlemen forum lintas kawasan. Yakni Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia.

Dalam sidang, La Nyalla menguraikan pesatnya perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia serta meningkatnya keterlibatan masyarakat dalam menggunakan teknologi informasi, termasuk aplikasi mobile yang marak digunakan di tanah air.

Selama satu jam, La Nyalla berpidato sekitar 15 menit, kemudian diikuti sesi tanggapan dari masing-masing pimpinan parlemen MIKTA, serta kesimpulan yang diberikan oleh Ketua DPD RI ini.

Pertemuan pimpinan parlemen MIKTA ini, dibagi dalam lima sesi. Yaitu sesi pertama dipimpin oleh tuan rumah Meksiko, sesi kedua oleh Indonesia, sesi ketiga oleh Korea Selatan, sesi keempat oleh Turki dan sesi kelima oleh Australia.

Sedangkan pimpinan parlemen Meksiko, berpidato dengan tema Enhancing Gender Equality and Women’s Empowerment. Sedangkan Ketua DPD RI menyampaikan pidato dalam bahasa Inggris dan Indonesia dengan judul Creative Economy and Its Contribution to Social Inclusion.

Untuk pimpinan parlemen Korea Selatan menyampaikan pidato dengan Udul The Role of Education and New Technologies in Enhancing Social Inclusion. Setelah itu pimpinan parlemen Turki menyampaikan pidato dengan judul Sustainable Tourism as an Engine for Growth and Social Inclusion.

Kemudian pmpinan Senat Australia mengakhiri rangkaian acara pidato dengan presentasinya yang berjudul Contribution of Trade and Investment in Achieving Social Inclusion.

Di akhir acara, dikeluarkan komunike bersama termasuk intrisari pidato dari Ketua DPD RI tentang perlunya meningkatkan keterlibatan masyarakat di berbagai daerah dalam pengembangan ekonomi kreatif, termasuk ekonomi digital, serta perlunya negara-negara MIKTA untuk bertukar pengalaman guna memberdayakan masyarakat termasuk pelaku ekonomi berskala menengah, kecil dan mikro.

Delegasi DPD RI yang dibawa La Nyalla ke pertemuan ketua-ketua parlemen MIKTA di Meksiko ini termasuk Wakil Ketua DPD Sultan Bachtiar Najamudin, Wakil Ketua Badan Kerja Sama Parlemen Richard Hamonangan Pasaribu, Wakil Ketua Komite II Bustami Zainudin dan Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek. (Red).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *