LaNyalla Minta Pemerintah Turut Kendalikan Harga Ayam Potong

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Mendekati bulan Ramadhan 1442 Hijriah, harga sejumlah komoditas mulai mengalami kenaikan, termasuk ayam potong. Di Bengkulu harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional telah menyentuh Rp 40 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 30 ribu. Kenaikan ini sudah berlangsung sepekan terakhir.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyikapi kondisi ini dengan cara pemerintah harus turun tangan. “Dalam sepekan terakhir, harga sejumlah komoditas mulai mengalami kenaikan. Hal ini merupakan fenomena menjelang Ramadhan. Pemerintah harus bisa mengendalikan harga agar tidak memberatkan masyarakat,” kata LaNyalla di Bengkulu, Jumat (9/4).

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, kenaikan harga komoditas ini terjadi lantaran tingginya permintaan masyarakat menjelang Ramadhan dan kenaikan harga pakan ayam. “Dalam masa pandemi ini perekonomian masyarakat ikut terpukul. Kita tidak mau kondisi itu tambah dipersulit dengan harga komoditas yang merangkak naik,” katanya saat makan malam bersama Wakil Gubernur Bengkulu, Rosjansyah.

Ditambahkan, kenaikan harga daging ayam potong sudah terjadi dari peternak. Akibatnya, pedagang di pasar tradisional terpaksa melakukan penyesuaian harga. “Fenomena kenaikan harga menjelang Ramadhan terjadi berulang-ulang. Begitu juga saat mendekati lebaran, Natal, dan lainnya. Kita berharap ada antisipasi sehingga semua bisa berjalan stabil.”

Dalam kunjungannya ke Bengkulu, Ketua DPD RI didampingi Senator asal Bengkulu Ahmad Kanedi dan Eni Khairani, serta Senator Sylviana Murni (DKI), Evi Apita Maya (NTB), Bustami Zainuddin (Lampung) dan Fachrul Razi asal Aceh. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait