LaNyalla Minta Satgas Covid Antisipasi Kepulangan Pekerja Migran

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 mengantisipasi kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari luar negeri saat Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Tidak dipungkiri, momen lebaran biasanya dimanfaatkan sejumlah pihak termasuk PMI untuk berkumpul bersama keluarga, tidak terkecuali pekerja migran. Jadi, momen lebaran identik dengan kepulangan PMI. Dan, Satgas Covid-19 sebaiknya menyiapkan kemungkinan kepulangan mereka agar tak menimbulkan dampak penyebaran Covid,” kata LaNyalla dalam keterangan pers yang diterima awak media, Selasa (27/4).

Dia merinci pintu masuk yang diperkirakan menjadi gelombang kedatangan PMI seperti Batam, Riau, Entikong, Malinau dan juga Nunukan. “Mereka tak dapat dicegah untuk pulang ke Indonesia,” papar dia.

Karena itu, yang harus dilakukan menyiapkan antisipasi sedini mungkin seperti tempat isolasi setibanya mereka di Indonesia. “Sebelum mereka kembali ke daerah asalnya masing-masing harus menjalani swab dan isolasi,” kata LaNyalla.

Dengan begitu, senator dari Dapil Provinsi Jawa Timur ini berharap setiap potensi penyebaran Covid-19 dapat dideteksi dari awal. “Setiap potensi penyebaran Covid, petugas harus dapat mengantisipasinya. Saya harapkan hal ini tidak menjadi polemik bagi masyarakat yang telah dilarang mudik lebaran. Jika hal ini terjadi, Satgas Covid-19 diharapkan memberikan informasi secara terbuka,” papar dia.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden menyebutkan, menjelang Idul Fitri 1442 H akan ada gelombang kedatangan puluhan ribu pekerja migran ke Tanah Air.

Selain di bandara dan pelabuhan titik-titik jalur masuk mulai dari Batam, Kepulauan Riau, hingga sejumlah wilayah Kalimantan seperti Entikong, Malinau, hingga Nunukan akan diperketat. Proses pemeriksaan hingga karantina akan ditingkatkan. (akhir)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait