beritalima.com

Laskar Manguni Indonesia Bangga Kawal Pendeta GKI Masuki Konven

  • Whatsapp

TIMIKA, beritalima.com | Laskar Manguni Indonesia (LMI) sebagai organisasi adat asal Minahasa Sulawesi Utara bersyukur diberikan kesempatan untuk menyambut tokoh-tokoh GKI Di Tanah Papua, Selasa (02/07) memasuki acara Konferensi para Pendeta Wilayah VIII dan IX Tahun 2019 yang digelar dalam wilayah Klasis GKI Mimika.
“Kami bersyukur dapat menyambut tamu atau tokoh-tokoh gereja GKI dalam kegiatan Akbar ini,” ujar Koordinator LMI Mimika, David di halaman Gereja GKI Marthen Luther di Sempan Timika – Papua.

beritalima.com

LMI juga mengakui sudah sering mendukung kegiatan-kegiatan penyambutan dan melakukan kolaborasi budaya dan nilai-nilai yang dimiliki adat dan budaya suku tertentu di wilayah Tanah Papua secara umum.

Dari pantauan sejak dimulainya kegiatan prosesi dari depan Gereja Protestan Indonesia (GPI) Torsina, LMI yang beranggotakan 12 peserta itu melakukan aksi tarian penyambutannya lengkap berseragam adat Minahasa, diikuti rombongan BP Am Sinode GKI Di Tanah Papua (DTP) dan rombongan Pendeta peserta Konferensi dari wilayah VIII dan IX GKI DTP. Prosesi berjalan kaki terjadi sepanjang ruas jalan Yos Sudarso dan memasuki halaman gereja GKI Marthin Luther, tempat akan dilaksanakannya pembukaan Konferensi Pendeta GKI DTP selama tiga hari.

Acara pun dilanjutkan dengan pengantaran rombongan BP Am Sinode dan Para Peserta Konferensi memasuki halaman GKI Marthin Luther oleh tarian khas Papua, untuk penjemputan tamu hingga memasuki pintu gereja. Dilanjutkan dengan prosesi pengalungan bunga kepada Ketua BP Am Sinode GKI DTP, Pdt Andrikus Mofu, S.Th., M.Th dan Sekretarisnya, Pdt. Daniel Kaigere, S.Th, sebelum akhirnya rombongan memasuki gedung gereja GKI Marthin Luther.

Meski terkesan sederhana, prosesi pelaksanaan pembukaan konferensiyang diarak oleh tarian adat khas Laskar Manguni Indonesia memang terlihat menciptakan daya tarik bagi masyarakat sepanjang jalan Yos Sudarso bahkan hingg amemasuki halaman GKI Marthin Luther. Bahkan saat rombongan diiringi tarian khasPapua olehsejumlah besar penari yang terdiri dari gabungan anak Remaja dan Pemuda GKI.

Acara pembukaan Konferensi Para Pendeta itu pun dilanjutkan dengan prosesi ibadah pembukaan, yang dipimpin Pdt Irene Samola, S.Th selaku Liturgos dan Pdt Yance Numberi, S.Th., M.Mis selaku pemimpin ibadah.

Klasis Mimika Sambut Peserta Konven
Klasis GKI Mimika yang sebagai bagian dari Sinode Am DTP Wilayah VIII, mennyambut dengan penuh sukacita pelaksanaan konferensi para Pendeta dan kehadiran semua pendeta dari wilayah VIII dan IX di Kota Timika.

“Kami menyambut dengan penuh sukacita semua rombongan BP Am Sinode GKI DTP dan seluruh rombongan Pendeta selaku peserta Konferensi ini, dan inilah kami selaku Badan Pekerja Klasis dan segenap Pendeta serta warga Jemaat GKI di Mimika dalam segala keadaan dan kondisi yang ada. Namun kami percaya bahwa Tuhan Yesus Kristus yang memberikan kepercayaan ini akan memberikan yang terbaik bagi pelaksanaan Konferensi ini,” ucap Ketua BPK GKI Mimika, Pdt Lewi Sawor, S.Th., M.Mis dalam arahannya sebelum ibadah pembukaan dilaksanakan. (sam wanda)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *