Launching Portal SDI, Bupati: Kebijakan Yang Diambil Harus Berdasarkan Data

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Bupati Madiun, Jawa Timur, H. Ahmad Dawami, melaunching Portal SDI (Satu Data Indonesia) Kabupaten Madiun dan Bimtek Pengelola Data Statistik SDI, di ruang Rapat Eka Kapti, Puspem, Kamis 10 November 2022.

Launching ditandai dengan penekanan layar sentuh oleh bupati disaksikan Sekda Tontro Pahlawanto, Kabid Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jatim, Nirmala Dewi, Kadis Kominfo Kabupaten Madiun, Sawung Rehtomo, Kepala BPS Kabupaten Madiun, pimpinan OPD, para Kabag Setda dan Camat.

Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, mengatakan, sejak 2018 lalu sudah berkomitmen mengenai program satu data Kabupaten Madiun.

Pasalnya, ia sadar betul jika data adalah sesuatu yang sangat penting sebagai dasar sebelum dirinya mengambil kebijakan.

“Kebijakan diambil harus benar-benar berdasarkan data. Tidak dari katanya-katanya,” ucap H. Ahmad Damawi.

Portal SDI, lanjutnya, merupakan data statistik sektoral. Sehingga harus ada yang bertanggungjawab terhadap ke-valid-an data yang disajikan. Untuk itu, SDM (Sumber Daya Manusia) dibutuhkan guna melakukan update data sampai tingkat desa.

“Dengan harapan ada kemandirian dalam hal update data ini. Portal SDI ini menjadi alat penunjang kerja kita,” tandasnya.

Dalam portal SDI, bupati ingin, tidak saja validasi data yang diperhatikan. Namun juga menjadi daya tarik bagi masyarakat lokal maupun masyarakat di luar, sehingga juga harus diisi profile Pemda, dinas, maupun profile desa.

“Portal SDI ini menjadi wajah kita di dunia maya. Jadi harus dilengkapi,” pintanya.

Pada kegiatan ini, juga dilakukan penandatanganan komitmen data prioritas tahun 2022 antara Bupati Madiun dengan seluruh pimpinan OPD di Pemkab Madiun. (Dibyo).

H. Ahmad Dawami (kanan).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait