Laurenzius Kadepa : Politik Papua Memanas Ketika Golongan Karya Mengusung Paulus Waterpauw

  • Whatsapp

JAYAPURA, Berita lima.com – Politik Papua menjelang tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mulai memanas. Apalagi pasca Partai Golongan Karya (Golkar) Papua menyatakan mengusung Kapolda Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Paulus Waterpauw sebagai bakal calon gubernur.

Menyikapi berbagai dinamika politik yang akan terjadi kedepan, anggota Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Laurenzus Kadepa mengingatkan para kandidat dan pendukungnya bersaing secara fair. Tidak saling menjatuhkan. Apalagi sampai menggunakan isu Papua untuk kepentingan politik.

“Siapapun yang kini disebut-sebut akan ikut Pilgub Papua merupakan putra asli Papua terbaik. Masyarakat harus cerdas memilih calon pemimpinnya. Berikan alasan tepat kalau mendukung kandidat tertentu. Memilih jangan karena faktor kesukuan, kedaerahan atau dikaitkan dengan isu HAM Papua, isu Papua Merdeka dan lain-lain,” kata Laurenzus Kadepa, Senin kemarin, sebagaimana diberitakan metromerauke.

Menurutnya, isu HAM Papua dan Papua Merdeka tidak ada hubungannya dengan Pilkada bupati dan Pilgub. Hindari saling menyudutkan sesama anak asli Papua hanya karena kepentingan politik dan jabatan.

“Isu itu jangan dipakai untuk kepentingan politik. Kini telah terbentuk tiga gerbong koalisi partai politik dan satu bakal calon independen untuk Pilgub Papua. Partai Demokrat dengan modal 16 kursi di DPRP dipastikan tak menemui kendala mengusung kembali Gubernur Papua kini, Lukas Enembe,” ujarnya.

Gerbong kedua kata dia, ada PDI Perjuangan dengan tujuh kursi DPR Papua mengusung John Wempi Wetipo (JWW), dan terbaru Partai Golkar yang memiliki enam kursi di Parlemen Papua mengusung Paulus Waterpauw.

“Tak menutup kemungkinan, kedepan akan muncul bakal calon lain. Tak masalah siapapun yang mencalonkan diri. Namun jangan sampai mengorbankan masyarakat dan menjual isu Papua untuk kepentingan politik,” katanya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *