Layanan Baru, Perpusnas Buka 12 Jam

  • Whatsapp

JAKARTA—Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang berlokasi di Jl. Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat menawarkan beberapa layanan baru.

Mulai 6 Januari 2020, Perpusnas RI akan melayani pengunjung dari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB pada hari Senin hingga Jum’at. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu, Perpusnas buka seperti biasa, yaitu pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Penambahan jam layanan ini hanya tersedia untuk 3 layanan yaitu lantai 8 Koleksi Audio Visual, Lantai 19 Multimedia, dan lantai 21—22 Koleksi Monograf Terbuka. Layanan pada lantai lainnya akan tutup seperti biasa, pukul 18.00 WIB.

“Salah satu pertimbangan ditambahnya jam layanan Perpusnas untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses literatur yang ada di Perpusnas. Melihat kondisi Jakarta yang sibuk, anak sekolah
baru pulang pukul 16.00 WIB, orang pulang kerja jam 18.00”, jelas Novi Prasetyo Utami selaku pustakawan ahli pertama bagian layanan informasi Perpusnas RI.

Tak hanya penambahan jam layanan, sejak akhir Desember 2019, bagi pengunjung Perpusnas yang sudah memiliki kartu anggota dapat menikmati fasilitas scan dan cetak di beberapa lantai, di antaranya lantai 21 dan 22. Setelah melakukan pindaian literatur yang diinginkan, pengunjung dapat mengambil hasil cetak di lantai 3 bagian photocopy center

Namun, fasilitas scan dan cetak ini memiliki batasan. Pengunjung hanya diperbolehkan melakukan scan dan cetak sebanyak 10 halaman atau 10 persen dari total halaman buku.

Beberapa buku tidak boleh dicetak kembali, di antaranya buku-buku yang sudah rapuh.

Perpusnas RI terus berusaha meningkatkan layanan untuk para pengunjung. Dalam usahanya, pihak-pihak perpustakaan juga sedang menyusun regulasi peminjaman buku.

Penulis : Anggita Hutami Ratnaningsih, mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *