Lewat Forum Konsultasi Publik ,Wabup Touna Ajak Masyarakat beri Masukan Positif dan Konstruktif

  • Whatsapp

AMPANA,beritalima.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-una (Touna) menggelar konsultasi publik penyusunan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Touna.

Kegiatan tersebut bertempat di gedung Auditorium Rabu (2/6/2021) yang dibuka oleh Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu,SH turut dihadiri Plh. Sekda Touna Syarif Lasawedi, Asisten, Sekretaris Bappeda, Tim Ahli Dari Universitas Tadulako, Para Kepala OPD Lingkup Pemkab Touna, Camat, Lurah, serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Wabup Touna Ilham Lawidu dalam sambutannya mengatakan bahwa penyusunan rancangan awal rencana pembangunan jangka menengah di Kabupaten Touna untuk 5 tahun ke depan sesuai dengan visi dan misi yang telah kami sampaikan pada sidang paripurna DPRD Kabupaten Touna.

Meskipun pada beberapa kesempatan telah kami sampaikan bahwa proses Pilkada Kabupaten Touna sudah selesai berjalan dengan sukses dan aman.

Olehnya, marilah kita segera menyatukan tekad dan langkah untuk bersama-sama mewujudkan visi Kabupaten touna yaitu terwujudnya Kabupaten touna tangguh maju dan sejahtera (Tamara).

“Sedangkan misi yang akan diwujudkan yaitu : mewujudkan seluruh masyarakat dan aparatur Pemerintah yang tangguh secara sosial ekonomi lingkungan dan pemerintahan,”kata Wabup.

Menurutnya, mewujudkan pembangunan wilayah yang berkembang dan maju untuk keluar dari ketertinggalan daerah, menyumbangkan trisula pembangunan ekonomi yang bertumpu pada sektor pertanian perikanan, kelautan dan pariwisata yang berkelanjutan.

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dengan bertumpu pada kualitas sumber daya manusia, mewujudkan aparatur dan sistem pemerintahan yang profesional untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berbasis pada sistem cerdas (Smart Regio).

“Visi tersebut merupakan kondisi ideal yang ingin kita capai dan kita wujudkan bersama selama lima tahun kedepan, sedangkan misi tersebut merupakan langkah-langkah dan strategi yang dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut,”jelasnya.

Wabup katakan, visi tersebut masih sangat makro sehingga harus diturunkan atau dijabarkan lebih lanjut kedalam tujuan, sasaran strategi, kebijakan sampai dengan program prioritas.

Hal ini tentu bukan pekerjaan mudah tidak akan bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja perlu sinergi kolaborasi diskusi serta proses proses panjang lainnya yang harus kita lalui termasuk agenda pada hari ini yaitu konsultasi publik rancangan awal RPJMD.

Forum konsultasi publik ini dimaksudkan untuk menjaring aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan pada tahap awal dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan terhadap program pembangunan daerah selama lima tahun kedepan sesuai dengan masa bakti periode masa jabatan Bupati dan wakil bupati Kabupaten touna 2021-2026 kedepan.

“Untuk itu pada kesempatan yang sangat baik ini kami minta kepada seluruh lapisan masyarakat dan unsur kelembagaan yang saat ini hari pada konsultasi publik ini untuk dapat memberikan masukan-masukan yang positif dan konstruktif,”ujarnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait