Libur Lebaran Trafik Data XL Axiata Melonjak 57%, Tertinggi di Kota Jepara

  • Whatsapp
Seorang petugas mencermati lonjakan trafik data di pusat monitoring jaringan XL Axiata

SURABAYA, beritalima.com | XL Axiata berhasil melalui masa krusial Lebaran 2019 dengan performa yang baik. Selain hampir tidak ada problem jaringan yang berarti, trafik layanan data juga meningkat 24% dibandingkan hari biasa, dan meningkat 57% dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Trafik layanan SMS juga meningkat 3% dibandingkan hari biasa, sedangkan layanan percakapan/voice cenderung mengalami penurunan karena perubahan perilaku pengguna yang banyak beralih ke layanan data.

Propinsi Jawa Barat dan Lampung menjadi wilayah dengan trafik data tertinggi selama periode lebaran dengan peningkatan sebesar 43% dan 38% hari biasa.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan, hal yang paling krusial dalam menyediakan layanan selama libur Lebaran adalah penyediaan layanan berkualitas, yang merupakan kombinasi antara jaringan dengan performa tinggi dan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan.

“Jika kami bisa memastikan semua berjalan baik, maka pelanggan akan nyaman dan trafik dengan sendirinya juga meningkat,” ujarnya, Senin (10/6/2019).

Mencermati lonjakan trafik data yang terjadi dibandingkan hari-hari biasa, pelanggan terlihat sangat nyaman dalam menggunakan semua jenis layanan.

Data dari pusat monitoring jaringan XL Axiata juga menunjukkan area-area dengan lonjakan trafik yang signifikan dibandingkan kondisi normal. Sebut saja pusat perbelanjaan meningkat 6%, lokasi wisata naik 9%, bandara naik 5%, dan stasiun kereta rata-rata naik 12%.

Yang juga menarik untuk diketahui, seiring dengan adanya arus mudik dan balik, trafik di area-area sepanjang jalan tol Trans Jawa juga naik cukup signifikan, yaitu sekitar 6% dibandingkan hari normal di luar masa mudik.

Perpindahan trafik layanan antar daerah juga meningkat. Tercatat, trafik layanan data di wilayah Jabodetabek berkurang 8% selama lebaran 2019. Sebaliknya, trafik layanan data di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta naik antara 10-25%, Jawa Barat naik 11-43%, Lampung naik 38%, dan Sumatera Selatan naik 15%.

Kota Jepara menjadi kota dengan trafik tertinggi dengan naik 137% di banding hari normal, selanjutnya Kota Kuningan naik 102%, dan Kabupaten Pemalang naik 83%.

Di wilayah Kalimantan, kota dengan trafik tertinggi adalah Kabupaten Kutai Kartanegara naik 79%, Kota Tanah Laut naik sekitar 51%, diikuti Kota Balikpapan setinggi 40%. Sementara di Sulawesi, Kabupaten Pinrang naik sekitar 81%, dan Kota Manado naik sekitar 16%. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *