Lima Hari Hilang di Laut, Seorang Nelayan Ditemukan Selamat

oleh -16 views

KEPULAUAN SULA,beritalima.com- Nahasa, nelayan asal Desa Bajo, Kecamatan Sanana Utara, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara (Malut) yang dinyatkaan hilang sejak pekan lalu ditemukan dalam kondisi
selamat oleh nelayan asal Desa Pelita Jaya Seram Barat

Nahasa Bajo masih bernasib baik. Bagaimana tidak, pria 60 tahun itu di temukan dalam kondisi selamat setelah 5 hari terombang ambing di laut. Anehnya, selama di lautan Nahasa hanya menggunakan kardus penampung ikan miliknya sebagai pelindung.

Pria 9 anak itu baru ditemukan pada hari Senin (11/3) Pukul 7 pagi oleh nelayan asal Desa Pelita Jaya Seram Barat. Nahasa ditemukan dalam kondisi masih sadarkan diri hanya saja masih lemas.


Saudara korban, Muhammad Rahwari menuturkan, korban saat berpamitan untuk melaut sekira Pukul 04 sore pada Kamis pekan kemarin. ”Tapi saat itu dia hanya bilang pergi mancing di seputaran Desa Fatkauyon, ”kata Rahnawi saat ditemui di rumahnya.

Sementara Bhabinkamtibmas Desa Bajo, Brigpol Suherman Umar menceritahkan, korban awalnya melaut di perairan Sulabesi Timur. Kepada keluarga dia bilang hasil tangkapannya langsung di jual di Namlea sekaligus menemui saudaranya di sana. ”Tapi tiba-tiba dia terkena musiba itu, ”jelasnya.

Saat itu korban baru mendapat 4 ekor ikan, saat di tangkapan ke-5 tiba-tiba perahu fiber miliknya di hantam gelombang laut dan langsung patah. Bagian buritannya lebih dahulu tenggelam bersama mesinnya. Beruntung, Nahasa langsung mengambil box ikannya sebagai pelampungnya.

Dia lantas masuk ke dalam box tersebut dan terombang-ambing di lautan selama 5 hari dan baru ditemukan Senin pagi. Korban hanyut dan ditemukan tepatnya di laut Manipa oleh nelayan asal Pelita Jaya Seram Barat. ”Saat ini ada keluarganya dari Kasuari yang adatang mengambilnya di Pelita Jaya, ”kata Brigpol Suherman kepada awak media Selasa (12/3/2019)

Menurutnya, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Satpolair Namlea terkait pemulangan Nahasa ke desa Bajo. ”Kita masih koordinasi dulu, ”tandasnya. (DS)