Listrik Mati saat UNBK, Siswa SMK Negeri 2 Panik

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA,beritalima.com – Sebanyak 57 Siswa SMK Negeri 2 di Desa Pohea Kecamatan Sanana Utara, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara (Malut) yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) terjadi kendala pemadaman Listrik.

Listrik padam yang terjadi saat pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer sesi dua untuk jenjang SMK Negeri 2 di Desa Pohea sempat menimbulkan kepanikan.

“Kebetulan, listrik padam menjelang sesi dua sekitar pukul 12 sampai pukul 02 Wit, ” kata Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Sanana Utara, Basir Umahuk kepada awak media. Senin (25/3/2019).

Pada saat ini, lanjut dia, siswa yang berjumalah 57 Orang di bagi tiga sesi, sesi pertama belum terjadi pemadaman listri, namun sesi kedua di ruangan ujian yang belum melakukan log out sehingga jawaban ujian belum sempat terkirim ke server pusat dan tiba-tiba listrik padam.

“Kami hanya khawatir, anak-anak harus kembali mengikuti ujian susulan apabila jawaban benar-benar tidak dapat dikirim ke pusat. Jika kondisinya demikian, maka kasihan anak-anak yang sudah belajar giat tetapi harus mengikuti ujian susulan karena listrik padam. Mereka bisa mogok tidak mau ujian,” katanya.

Namun, kekhawatiran Basir tersebut bisa diatasi karena pada saat listrik kembali menyala, masih ada sisa waktu yang bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan jawaban ujian ke pusat.

“Saat listrik mati, maka komputer dalam posisi idle termasuk waktunya. Waktu sisa ini dapat digunakan untuk submit jawaban dan log out. Siswa pun tidak perlu mengikuti ujian susulan,” katanya.

Ia berharap, kejadian pada hari ini pelaksanaan UNBK tersebut tidak kembali terulang pada hari berikutnya atau hingga ujian berakhir karena SMK Negeri 2 Sanana Utara sama sekali tidak menyiapkan genset.

“Kami hanya yakin saja kepada PLN yang sudah berkomitmen tidak melakukan pemadaman selama pelaksanaan ujian,” katanya.

Dua siswa SMK Negeri 2 Sanana Utara, Nurjanah bersama Gina mengaku sempat khawatir saat listrik padam menjelang ujian hari pertama di sesi pertama. Mereka berdua mengatakan bahwa empat hari Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Namun pada sesi dua yang terjadi pemadaman letrik, ” katanya. (ds)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *