Lomba Pidato Bahasa Jawa di Perum Taman Anggun Sejahtera Sidoarjo

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima.com|
Selama bulan Agustus ini, mayoritas seluruh kampung mengadakan berbagai kegiatan untuk warga menyambut perayaan Kemerdekaan RI ke-78 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2023. Berbagai jenis kegiatan. Mulai dari bazaar, aneka lomba, pentas seni menampung kreatifitas warga, dan sebagainya. Tak terkecuali warga Perumahan Taman Anggun Sejahtera (TAS) 2 Tanggulangin Sidoarjo. Namun kegiatan yang diadakan cukup unik, yakni Lomba Pidato bahasa Jawa.

Ide mengadakan lomba pidato bahasa Jawa itu datang dari tokoh masyarakat setempat, Harjo Seputro, ST, MT yang langsung didukung oleh Ketua RT, Ketua RW 7 dan Ketua PKK RW 7 Kelurahan Kalisampurna, yang memangku wilayah Perumahan Taman Anggun Sejahtera 2.

.”Saya tertantang untuk melestarikan Bahasa Jawa dari lingkup yang kecil melalui lomba pidato bahasa Jawa, mengingat saat ini penguasaan orang terhadap bahasa Jawa relatif makin berkurang,” ungkap Harjo Seputro.

“Saya berharap lomba tujuh belasan kali ini memiliki makna bagi pelestarian bahasa Jawa,” tambahnya.

Salah satu dewan juri lomba Pidato Bahasa Jawa, Aberta Liesyeke Shellyana yang akrab disapa bunda Shelly mengakui, para peserta lomba pidato ini cukup antusias dan penuh semangat.

“Memang panitia mentargetkan 20 peserta, tapi realitanya hanya sekitar 60 persen dari harapan itu sudah sangat baik,” tandas Bunda Shelly.

Ditambahkan, sebagai lomba yang baru dan langka, selain unik juga bisa menjadi tontonan dan tuntunan.

“Karena sebagian besar pesertanya ibu-ibu, tidak sedikit yang tampil dengan berani dan penuh semangat,” terangnya.

Sedangkan Budi Hartanto, tokoh masyarakat tersebut memandang pentingnya Lomba Pidato Bahasa Jawa ini sebagai upaya pelestarian bahasa Jawa dan menggerakkan literasi budaya di Kabupaten Sidoarjo.

“Saya berharap ada lomba serupa untuk kalangan generasi muda, khususnya karang taruna pada peringatan hari Sumpah Pemuda 2023,” imbuh Budi.

Dalam Lomba Pidato Bahasa Jawa ini yang terpilih sebagai Juara 1 Ibu Fajar Nawang Sari, Juara 2 Ibu Tumi, dan Juara 3 Ibu Nanik Sujiati.(yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait