Longsor Sumedang, Ketua DPD RI LaNyalla Minta Pemerintah Gali Akar Masalah Bencana

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta Pemerintah menggali akar masalah longsor di sejumlah daerah di Jawa Barat, salah satunya di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Akibat bencana itu, puluhan orang dikabarkan hilang dan petugas gabungan tengah melakukan evakuasi terhadap korban.

LaNyalla mengaku prihatin atas bencana yang menimpa sejumlah daerah di Indonesia sehingga dirinya meminta Pemerintah untuk menggali akar masalah dari bencana itu. “Ini sebagai langkah preventif. Kalau kita tahu akar persoalan bencana yang terjadi, penanggulangannya tak hanya pada saat musibah itu datang, tetapi sebelum bencana menerpa,” ungkap dia dalam keterangan pers, Selasa (12/1).

Misalnya, kata LaNyalla, longsor di Sumedang. Jika saja bencana itu disebabkan kerusakan alam, semestinya Pemerintah Daerah melakukan tindakan preventif melalui berbagai macam kebijakan. “Langkah preventif itu bisa dituangkan melalui Peraturan Daerah (Perda). Dengan cara itu, upaya meminimalisasi bencana dapat dilakukan sedini mungkin.”

Senator Dapil Provinsi Jawa Timur memberikan apresiasi kepada petugas gabungan dan relawan cepat mengevakuasi korban longsor Sumedang. “Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-setingginya kepada petugas gabungan dan relawan yang sudah bekerja keras mengevakuasi korban,” ujar dia.

Sedikitnya 900 orang dari berbagai unsur dilibatkan dalam pencarian di hari ketiga korban longsor di Kecamatan Cimanggung. Petugas gabungan masih mencari korban yang tertimbun longsor di Dusun Bojongkondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Hingga Minggu (10/1) pukul 16.00 WIB, petugas menemukan 13 korban dalam keadaan meninggal dan 27 korban lainnya masih dalam status pencarian.(akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait