Luar Biasa, Pemkab Bondowoso Dapat Penghargaan Kabupaten ODF

  • Whatsapp
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat menerima penghargaan Kabupaten ODF dari Pemprov Jawa Timur. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten Bondowoso menerima sertifikat penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur atas prestasi sebagai Kabupaten Open Defecation Free (ODF).

Sertifikat penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin pada Kamis (3/8) di Pringgitan Pendopo Bupati setempat.

Bacaan Lainnya

Diketahui bahwa penghargaan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas upaya dan kerja keras Kabupaten Bondowoso dalam meningkatkan sanitasi dan kualitas kehidupan masyarakatnya.

Open Defecation Free adalah sebuah status yang diberikan ketika suatu wilayah atau kabupaten telah berhasil mengurangi atau menghilangkan praktek buang air besar sembarangan. Pencapaian ini menunjukkan komitmen pemerintah kabupaten dan partisipasi aktif masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Sebagaimana informasi yang berhasil dihimpun, bahwa tim verifikasi STBM Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan lapangan sebagai rangkaian verifikasi ODF Kabupaten Bondowoso, mulai tanggal 1 sampai dengan 3 Agustus 2023.

Berdasarkan hasil verifikasi lapangan pada 219 Desa/Kelurahan yang tersebar di 23 Kecamatan, dinyatakan bahwa akses jamban sehat oleh masyarakat sudah mencapai 100% dan Bondowoso layak menyandang status Kabupaten ODF.

Akan hal tersebut, Bupati Salwa Arifin bersyukur atas penghargaan yang diterimanya untuk Kabupaten Bondowoso. Ia pun berharap capaian tersebut menjadi motivasi bagi pihaknya.

“Berharap dapat menjadi motivasi bagi Kabupaten Bondowoso untuk terus berupaya meningkatkan kualitas sanitasi dan kesehatan masyarakat serta menjaga status ODF agar berkelanjutan,”ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Kabag. Prokopim, Sekretaris BP4D, Tim Verifikasi ODF dan jajaran staf terkait. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait