Lulusan Polinas Makassar Dinantikan Banyak Perusahaan.

  • Whatsapp

Citizen Reporter

Laporan: Muh Darsil
Aktifis Pers Kampus Universitas Sawerigading Makassar

Politeknik Informatika Nasional (Polinas):Makassar memiliki 2 kampus, pertama di Jl. Sultan Alauddin dan kedua di Jl. Perintis Kemerdekaan. Target ada 3 sampai 4 kampus, supaya ada penyebaran wilayah, sehingga memudahkan mahasiswa yang mungkin akan mencari kampus terdekat dari tempat tinggal mereka

. Demikian ditegaskan direktur Polteknik Informatika Nasional, M. Abduh Idris, S.Kom, MM kepada media saat ditemui dikampusnya awal akhir Januari 2018

“Akan menjadi menarik jika kita ada ditengah kota, ada di daerah Panakkukang misalnya agar mendekat ke wilayah-wilayah yang bisa dijangkau oleh mahasiswa. Sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk transportasi.”, tandasnya.

Abduh juga menjelaskan, total jumlah mahasiswa politeknik keseluruhan sekitar 1.300 orang. Selain itu, disebutkan bahwa organisasi kemahasiswaan yang ada di Polinas adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM).

“BEM dan MPM hanya untuk menghimpun kemahasiswaan, pada dasarnya yang menjadi organisasi penggerak adalah UKM. Polinas memiliki beberapa UKM yang berfokus pada kepentingan keterampilan dan keahlian misalnya UKM tentang Akuntansi, UKM Komputer, UKM Bahasa Inggris, UKM Seni dan Bakat, dsb.”, ungkapnya.

Abduh menambahkan, adapun beberapa kegiatan yang pernah diikuti oleh mahasiswa Polinas adalah NPEO (Nasional Politeknik English Olimpiade) pada 3 tahun terakhir. Termasuk yang diselenggarakan di Medan, Makassar dan yang terakhir tahun lalu di Banjarmasin. NPEO adalah lomba Bahasa Inggris Politeknik se-Indonesia. Serta pernah juga mengikuti MTQ MN yang di selenggarakan di Universitas Indonesia dan Universitas Brawijaya.

Juga disebutkan, selama mengikuti lomba memang belum pernah mendapatkan juara. Tapi bagi kami, ikut berpartisipasi dalam event – event tersebut sudah merupakan suatu prestasi. Karena disaat mahasiswa kami ikut berpartisipasi, ini merupakan proses mencari bentuk bagi mereka. Hal ini tentunya merupakan sebuah perubahan berarti bagi kampus Polinas.

Ketika ditanyai mengenai harapannya, Direktur Politeknik Nasional ini berfokus ke mahasiswa. “Saya berharap ketika mereka selesai bisa langsung kerja. Karena kami memiliki program D3 dan D4. Jadi setelah mereka selesai kuliah selama 3 sampai 4 tahun, mereka bisa langsung kerja. Jadi tidak sia-sia mereka kuliah. Saya sangat berharap mahasiswa saya lebih fokus kepada menguasai keterampilan, menguasai keahlian, mencari ilmu pengetahuan tentang kebutuhannya di dunia kerja.”

Berkiblat pada slogan mereka, ‘Satu – satunya kampus yang mejamin penempatan kerja’, Polinas melalui kerjasama dengan beberapa perusahaan telah membantu lulusan mereka untuk mendapatkan pekerjaan seusai menamatkan pendidikannya.

“Saat ini beberapa mahasiswa Polinas yang sedang magang, sudah dinantikan untuk bergabung di perusahaan dimana mereka magang. Mahasiswa kami magang di Makassar. Termasuk di Bumi Sarana Beton, Bank BRI serta ada juga di PT. Hadji Kalla. Adapun total mahasiswa yang magang yaitu sekitar 350 mahasiswa dan semua berada di semester 5.” tutupnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *