Magnet Hari Pers Nasional Baksos Kesehatan Layani 3.119 Pasien

oleh -296 views

PADANG, beritalma.com –
Pemeriksaan kesehatan gratis menjadi magnet dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional di Padang, Sumatera Barat.

Kegiatan itu dikemas dalam bentuk Bakti Sosial yang berlangsung tanggal 4 hingga 9 Februari 2018. Kegiatan berlangsung di 4 (empat) tempat terpisah: Puskesmas Bungus, halaman Kantor Gubernur, samping Kantor PWI Sumbar, Kota Padang dan Kepulauan Mentawai.


Sampai pukul 15.00 Jumat (9/2) tercatat telah 3.119 pasien yang terlayani.

Selama kegiatan berlangsung, bakti sosial kesehatan HPN ini
dikunjungi oleh empat menteri, yakni Menteri Koodinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.
Banyak pihak terlibat dalam penyelenggaraannya, antara lain Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) yang menggunakan dana bantuan pembaca Harian Kompas, Artha Graha Peduli, Dinas Kesehatan Kota Padang, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Yayasan Jantung Indonesia, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), RSUP Dr M Djamil, RSUD Mentawai, Rumah Sakit Tentara Dr Reksodiwiryo, Budha Tzu Chi, dan empat perusahaan BUMN, yakni BNI, Semen Padang, Komia Farma, dan Pegadaian.
Bahkan jajaran Korem 032/ Wirabraja juga membantu kelancaran pelaksanaan bakti sosial di Kepulauan Mentawai.

Di Kabupaten Kepulauan Mentawai, layanan kesehatan gratis yang diselenggarakan oleh Artha Graha Peduli selama dua hari (7-8/2), diikuti oleh 1.583 warga yang datang dari desa-desa di pulau-pulau yang tersebar di Mentawai, seperti Siberut, Sikakap, Sidomakmur, Tuapeijat, Sipora Jaya, Bukit Pamewa, dan Matobek. Mereka mendapatkan layanan kesehatan berupa pemeriksaan mata, gigi, umum, malaria, dan khitanan.
“Kami salut dengan kerja keras tentara yang menjemput warga dari pulau-pulau dengan perahu untuk memanfaatkan layanan kesehatan gratis di Pulau Sipora ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Dr Hj Merry Yuliesday, MARS.

Merry menilai pelaksanaan pengobatan massal di Mentawai ini berjalan tertib dan lancar. Pengaturan jam layanan juga dilakukan sesuai kelompok per pulau.
Bakti sosial di Mentawai ini dikunjungi Menteri Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Arief Yahya yang datang bersama pendiri Artha Graha Peduli Tomy Winata yang didampingi Ketua Pelaksana Harian Artha Graha Peduli Heka Hertanto, serta Panitia HPN Karim Paputungan dan Ira Nasution.
Dalam kesempatan itu, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabagalet memberi penjelasan potensi wisata alam dan rencana pembangunan Kepulauan Mentawai yang sedang menjdi program kerjanya.
Sementara Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek berkunjung ke bakti sosial kesehatan HPN yang diselenggarakan di samping Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat di Kota Padang yang melayani pasien 01.114 orang.
Di tempat ini masyarakat mendapat pelayanan pemeriksaan jantung, gula darah dan kolesterol.
Sebelumnya, tanggal 6 Februari, pemeriksaan serupa diberikan kepada para peserta senam jantung sehat di depan kantor Gubernur Sumatera Barat dan berhasil melayani 269 orang.
Mengawali Baksos kesehatan pada 6 dilakukan bakti pemeriksaan terhadap ibu hamil berisiko tinggi di Puskemas Bungus, Kota Padang. Para ibu hamil yang datang selain diperiksa dengan laboratorium dan USG juga diberi penyuluhan tentang gizi yang menyehatkan anak dalam kandungan.
Bahkan mereka juga diberi buku panduan makan sehat dengan gizi yang cukup untuk anak dalam kandungan.
“Buku ini harus dibaca juga oleh ayahnya supaya mengerti. Jangan ibunya saja yang baca,” kata Dr Merry Yuliesday. (NAS)