Mahasiswa Baru Unwaha Dituntut Tidak Hanya Mengerti Tapi Dapat Melakukan Inovasi dan Kreasi

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Rutin tiap semester Universitas KH. A. Wahab Hasbullah melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), semester gasal tahun akademik 2024/2025 ini pada gelombang pertama diikuti 400 lebih calon mahasiswa baru (Camaba) yang terdiri dari FAI, FTI, FIP, FP, FE. Mahasiswa baru dituntut tidak hanya mengerti dan implementasi tapi dapat melakukan inovasi dan kreasi.

Hadir civitas Unwaha dan pengurus yayasan saat pembukaan di halaman utama diantaranya adalah, Dr. H. Fatkhullah, M..Pd.I Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Prof. Dr. H. Abd. Kholid, M.Ag WR Bid. Keuangan dan Kerumahtanggaan, Ino Angga Putra, M.Pd Wakil Rektor Bidang Akademik.

Dalam sambutannya yang diawali Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. H.M. Wafiyul Ahdi, M.Pdi.I mengharapkan kepada calon mahasiswa baru dapat menjadi pemimpin setelah menyelesaikan atudi di UNWAHA, oleh karena itu mahasiswa baru harus memiliki kemampuan dalam kewiraan. Begitu juga disampaikan Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi (YPT) Bahrul Ulum disamping menimba ilmu di Unwaha mengenal sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Dimana KH. A. Wahab Hasbullah seorang pejuang dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Lebih jauh diungkapkan Rektor Unwaha Prof. Dr. Ir. H. Gatot Ciptadi, DESS, IPU, ASEAN ENG tentang studi selama di UNWAHA tentang masalah era globalisasi informasi, metodologi penelitian, dan komitmen UNWAHA.

“Selamat Datang Garuda 11. Anda mahasiswa baru yang menginjak umur (Unwaha) yang ke 11, pada gelombang 1 ini berjumlah 400 lebih, insya allah gelombang berikutnya bisa lebih,” ujar Rektor saat sambutan, Minggu (23/6/2024).

Mahasiswa baru sekarang ini angkatan 11, kendati Unwaha relatif masih usianya namun mahasiswa baru ini termotivasi di salah satu universitas unggul khususnya di Lingkungan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) dan mendapat ranking 4 di Jawa Timur.

“Anda akan dididik dan diasuh oleh dosen dosen muda yang berprestasi dan kompeten utamanya untuk kegiatan research, pengabdian masyarakat, dan PKM dan sebagainya baik tingkat nasional maupun regional bahkan mahasiswa Unwaha para juara prestasi sampai internasional dan bisa diteruskan oleh mahasiswa baru ini,” tegasnya.

Lanjut Rektor akan meningkatkan lulusan Unwaha dengan bermomitmen dalam visi dan misinya adalah terus untuk mengembangkan pendidikan yang berkualitas baik level nasional maupun internasional.

“Terus mengembangkan mahasiswa menjadi pribadi pribadibyang berkarakter berbudi mulya dan berprestasi,” ujarnya.

Saat ini kata Rektor masuk era globalisasi dan kehidupan modern di era teknologi informasi dengan perkembangan science dan teknologi ini demikian cepat. Mahasiswa harus bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan ini yang lebih kompleks.

“Jadi tidak cukup diatasi mahasiswa yang cerdas tapi juga harus disertai mahasiswa yang berkarakter, budi mulia, jujur, disiplin,” terang Rektor.

Masih lanjut Rektor, tentang kurikulum yang diterapkan dengan metode Outcome Based Education (OBE). Mahasiswa di era sekarang ini dituntut tidak hanya mengerti dan menginplementasikan, serta memahami.

“Tapi mahasiawa juga perlu melakukan inovasi-inovasi, kreasi-kreasi yang nantinya akan membedakan mahasiswa yang satu dengan mahasiswa yang lain. Saya yakin mahasiawa yang berdiri di depan mampu melakukan hal itu. Itu target utama untuk menyiapkan dirinya untuk menghadapi kehidupan yang akan datang di era globalisasi,” tandasnya.

Sebelumnya dijelaskan Ketua Panitia PKKMB Unwaha Jombang, Septian Ragil Anandita, M.Pd, pada gelombang 1 ini dilaksanakan dua hari. Sedangkan tema yang diusung pada angkatan 11 (Garuda 11), Generasi Inovatif dan Berintegritas di Era Digital.

“Selain mengikuti aturan PKKMB dari Ditjen Dikti Kemendikbud, juga memperkuat peraturan yang ada di internal. Mengenai tata tertib, keamanan, hingg norma-norma yang berlaku di lingkungan kampus, sehingga tindakan yang mengarah pada perpeloncoan sebisa mungkin telah kita minimalisir. Camaba tahun ini dapat beradaptasi dengan budaya budaya yang ada di Unwaha Jombang,” pungkas Ragil.

Jurnalis : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait