Mahasiswa FIB Berhasil Masuk 10 Finalis Duta Bahasa Jawa Timur

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Cerita capaian prestasi kembali datang dari mahasiswa Universitas Airlangga (Unair). Cysakaren Diva Pratiwi, mahasiswi program studi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unair, berhasil masuk Top 10 Finalis Duta Bahasa Jawa Timur (Dubas jatim) tahun 2024.

Wakil satu-satunya Kota Surabaya itu telah mampu melewati ketatnya seleksi hingga melaju pada puncak penobatan Dubas Jatim sebagai 10 finalis putri.

Duta bahasa merupakan ajang tahunan Balai Bahasa Kemendikbud Ristek setiap provinsi, salah satunya Jawa Timur. Ajang pemilihan duta bahasa menjadi salah satu upaya dalam menjalankan Trigatra Bangun Bahasa. Termasuk jadi ajang mengajak anak muda untuk terlibat dalam merealisasikan Trigatra Bangun Bahasa.

Rancangan tersebut, tampaknya, berhasil menarik Karen untuk ikut serta dalam ajang pemilihan Dubas Jatim 2024. Sebelumnya, Karen sempat menjadi Asisten Muda Wali Kota Surabaya dan Duta FIB Unair 2022. Meski demikian, Karen tetap memiliki keinginan untuk mendapat lebih banyak pengalaman di samping kegiatan akademiknya.

“Dengan mengosongkan gelas dan mencari ilmu tentang pengutamaan bahasa Indonesia serta pelestarian bahasa daerah yang selama ini belum banyak saya dapatkan sebelumnya. Itu menjadi tujuan Saya mengikuti pemilihan Dubas Jatim,” ungkap Karen.

Krida Kebahasaan “The Spirit of Bahasa”

Sebagai mahasiswa bahasa dan sastra Inggris, Karen, rupanya, telah berpengalaman menjadi pengajar bahasa asing. Karena itu, ia turut membawa The Spirit of Bahasa sebagai krida kebahasaan dalam seleksi Dubas Jatim.

“Saya mengangkat advokasi saya yang bernama The Spirit of Bahasa yang sudah berdiri sejak September 2023,” ujarnya.

Dalam salah satu tahap seleksi, seorang duta bahasa harus merancang sebuah krida kebahasaan atau kesastraan. Krida dirancang sebagai sebuah kegiatan ataupun ide gagasan orisinal oleh seorang duta bahasa yang akan atau sudah dilakukan jika kelak terpilih.

Melalui krida The Spirit of Bahasa, Karen membangun sebuah komunitas yang memfasilitasi warga asing. Secara sukarela tanpa dipungut biaya, The Spirit of Bahasa akan memberikan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA).

Jadi, seorang duta bahasa tidak hanya menerapkan Trigatra Bangun Bahasa pada masyarakat lokal saja, tetapi juga turut merealisasikan wacana ‘Internasionalisasi Bahasa Indonesia’.

“Sebagai sebuah komunitas, nantinya memberikan akses pembelajaran BIPA secara gratis. Salah satu tujuan didirikannya komunitas ini ialah sebagai upaya Internasionalisasi bahasa Indonesia,” jelas Karen.

Realisasi Trigatra Bangun Bahasa bagi Anak Muda

Rancangan Trigatra Bangun Bahasa yang dicanangkan oleh Balai Bahasa semestinya mulai diamalkan oleh para pemuda. Meski arus deras globalisasi saat ini, para pemuda semestinya mulai menanamkan Trigatra Bangun Bahasa. Yakni, utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing.

Karena itu, sebagai Duta Bahasa Jatim 2024, Karen mengajak para generasi muda untuk mulai membiasakan diri dalam penggunaan bahasa Indonesia di kehidupan sehari-hari. Tanpa meninggalkan bahasa daerah serta mengesampingkan penguasaan bahasa asing.

“Kita bisa karena terbiasa, itu yang saya rasakan. Dengan terbiasa, kita akan muda untuk mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia, khususnya di ruang publik,” ujarnya.

“Terlebih sebagai seorang duta bahasa, saya membawa tugas besar sebagai suri tauladan bagi generasi muda untuk merealisasikannya. Karena saya percaya, jika bukan kita sebagai generasi muda bangsa yang melaksanakan, maka siapa lagi?” tutup Karen diakhir.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait