Fuad Bawazier, Burhanudin dan Benny Pasaribu Jadi Dewan Penasehat KPPU

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menetapkan Fuad Bawazier, Burhanudin Abdullah dan Sahala Benny Pasaribu sebagai Penasihat KPPU. Penetapan ini berdasarkan Keputusan Ketua KPPU No.18.1/KPPU/Kep.1/IV/2024 tentang Pembentukan Dewan Penasihat KPPU pada 24 April 2024.

Sebagai Penasihat KPPU, tugas mereka memberikan nasihat dan pertimbangan dalam kebijakan strategis untuk mencapai tujuan Undang-Undang Persaingan Usaha dan Undang-Undang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Ketua KPPU, M. Fanshurullah Asa optimis KPPU akan lebih baik dengan kehadiran Dewan Penasihat ini. “Dengan kesediaan nama-nama dan tokoh besar untuk bergabung sebagai Penasihat di KPPU, insya Allah akan mampu mengangkat marwah dan kinerja KPPU ke depan, sebagai satu-satunya otoritas pengawas persaingan usaha di republik ini,” tegas Ifan.

Sebagaimana diketahui, Fuad Bawazier merupakan mantan Menteri Keuangan RI yang juga pernah menjadi Anggota DPR pada periode 1999-2004 dan periode 2004-2009.

Burhanudin Abdullah merupakan Menteri Koodinator Bidang Perekonomian RI di bawah Pemerintahan Presiden Abdurahman Wahid. Dia juga pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia dan Gubernur International Monetary Fund (IMF) di Indonesia.

Sedangkan Sahala Benny Pasaribu merupakan Ketua KPPU tahun 2009-2010 dan Anggota KPPU Periode 2006-2012. Dia juga pernah menjadi Ketua Panitia Anggaran dan Ketua Komisi IX DPR RI, serta Deputi Menteri BUMN.

Selain Dewan Penasihat tersebut, KPPU juga menunjuk Muhammad Aswan, Taufikurrahman dan Widya Ais Sahla Karsayuda sebagai Dewan Pakar guna mengoptimalkan peran KPPU di masyarakat serta menajamkan arahan Pimpinan KPPU terhadap hukum dan kebijakan persaingan.

Disebutkan, Muhammad Aswan dari Universitas Hasanuddin Makassar, Taufikurrahman adalah praktisi multi bidang, dan Widya Ais Sahla Karsayuda dari Politeknik Negeri Banjarmasin.

Penetapan mereka sebagai Dewan Pakar dilakukan melalui Keputusan Ketua KPPU No. 18.2/KPPU/Kep.1/IV/2024 tentang Pembentukan Dewan Pakar KPPU pada 24 April 2024. Ketiga Dewan Pakar tersebut secara khusus dilantik Ketua KPPU M. Fanshurullah Asa di Kantor Pusat KPPU Jakarta, Kamis (16/05/2024). (Gan)

Teks Foto: Pelantikan Dewan Pakar oleh Ketua KPPU M. Fanshurullah Asa di Kantor Pusat KPPU Jakarta, Kamis (16/05/2024).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait