Malam Anugerah Pesona Indonesia Digelar di Labuan Bajo, NTT Masuk Tiga Besar

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan malam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang rencana akan dilaksanakan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, pada 9 April 2021 mendatang.

“Pelaksanaan malam API 2020, ditunda karena pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaan pengumumannya baru dapat dilaksanakan 9 April 2021 di Labuan Bajo. Dan, kebetulan memang NTT sendiri masuk tiga besar terbanyak dibandingkan daerah lain,” kata Muhammad Safa’at, Founder and CEO Anugerah Pesona Indonesia di Kupang, Rabu (17/2/2021) siang.

Ia mengatakan, API adalah kegiatan-kegiatan untuk mengangkat destinasi-destinasi baru maupun destinasi unggulan dari setiap provinsi maupun kabupaten dan kota untuk dipopulerkan kepada masyarakat luas baik domestik maupun internasional.

Kegiatan ini melibatkan semua pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Dari pemerintah daerah sebelum memulai kegiatan ini mereka akan mengusulkan semua destinasi – destinasi yang terbaik yang ada di provinsi atau kabupaten/kota untuk mengirimkan kepada ke panitia Anugerah Pesona Indonesia.

Selanjutnya, dari hasil ribuan destinasi yang masuk itu dilakukan penjurian dari segala aspek pariwisata.

“Setelah penjurian baru dilakukan pengumuman terhadap dari ribuan destinasi yang masuk menjadi 180 destinasi, dengan dibagi dalam 18 kategori, disitu ada makanan dan minuman tradisional terpopuler, destinasi baru terpopuler, dataran tinggi terpopuler, dan surga tersembunyi hal itu memang ada di NTT,” ungkap Safa’at.

Terkait hal ini, kata Safa’at, sudah berjalan di tahun 2020. Dan, diakhir Desember 2020 lalu, sudah diumumkan tiga besar terbaik seluruh Indonesia, dan NTT masuk delapan kategori dari keseluruhan kategori.

Abet Frans, Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Nusa Tenggara Timur, yang juga Ketua Pemenangan Nominasi NTT di API 2020, menambahkan pihaknya sudah bekerjasama dengan Dekranasda NTT untuk mengampanyekan beberapa destinasi di NTT.

“Di dalam API 2020, saya ada di badan promosi pariwisata. Kami ditugaskan oleh Bapak Gubernur untuk menyukseskan NTT sebagai nominator yang telah masuk di API 2020. Dan, telah kita laksanakan tugas tersebut. Kami juga telah melaksanakan kampanye di beberapa destinasi bersama dengan Ketua Dekranasda NTT Bunda Julie ke beberapa destinasi. Dan puji Tuhan, apa yang kami lakukan terhadap delapan produk wisata mendapat poin yang cukup signifikan, di mana delapan produk wisata tersebut masuk menjadi tiga besar,” kata Abet.

Delapan destinasi wisata NTT masuk nominasi API 2020, yakni Mulut Seribu (kategori Surga Tersembunyi), di Kabupaten Rote Ndao; Se’i (kategori Makanan Tradisional), di Kota Kupang, Ina Ndao(kategori Destinasi Belanja), Kota Kupang.

Island Hopping Pulau Meko (kategori Wisata Air), di kabupaten Flores Timur, Fulan Fehan (kategori Dataran Tinggi), di Kabupaten Belu.

Selain itu, Kampung Adat Namata (kategori Kampung Tradisional) di Kabupaten Sabu Raijua, dan Pantai Liman Semau (kategori Destinasi Baru) di Kabupaten Kupang. (L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait