Manakah kolesterol tinggi Daging Babi Atau Daging Sapi

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Di dalam suasana hari besar seperti Hari natal dan tahun baru atau suasana imlek atai idul fitri maupun Idul adha masyarakat kita komsumsi daging meningkat dan selalu menimbulkan pertanyasm dari orang awam eebenarnya komsumsi daging sapi or komsumsi daging babi mana kolesterol tinggi.
Dalam perbincangan mzsyarakat selalu kita dengar kalau makan daging babi kolesterol lebih tinggi dari makan daging sapi karena daging babi mengandung lemak yang tinggi, apa ini benar? Di hari besar seperti Hari Raya Imlek, Tahun Baru, Idul Fitrii ,Idul Adha dan hari besar lainnya, komsumsi daging dilaporkan meningkat tajam. Babi lebih banyak dikomsumsi oleh kaum non muslim,sebaliknya sapi dikomsumsi oleh kaum muslim apalagi di hari raya qurban. Masyarakat umum masih beranggapan bahwa daging babi mengandung lemak paling tinggi dibandingkan daging sapi. Pandangan ini keliru,walaupun postur babi gemuk dan terkesan banyak lemak namun kandungannya lemak tertinggi adalah sapi.Edisi ini kami kupas apa perbedaan n manfaat daging babi n sapi bagi kesehatan maaf kami bahas ditinjau dari sisi kesehatan tidak bermaksud menyinggung pembaca yang beragama Islam haram bagi daging babi.

Apa perbedaan Daging Sapi n Daging Babi
1.Warna Daging babi lebih pucat mendekati warna daging ayam.
2.Serat Daging sapi lebih padat dan garis-garis seratnya terlihat jelas
3.Lemak Daging babi memiliki tekstur lebih elastis dibanding lemak sapi lebih kaku dan berbentuk,lemak pada babi sangat basah dan sulit dilepas dari dagingnya sementara lemak daging sapi agak kering dan tampak berserat.
4.Tekstur Daging sapi lebih kaku dan padat dibanding dengan daging babi yang lembek dan mudah diregangkan.
5.Aroma Daging babi memiliki aroma khas,tapi sapi adalah anyir

Kandungan Gizi Daging Sapi dan Manfaatnya
1. Zat Besi
Zat besi pada daging sapi bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, mempengaruhi semangat belajar anak dan juga sebagai benteng bagi tubuh kita karena zat besi bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Protein
Protein sangat penting karena bisa membantu perkembangan otak pada anak. Selain itu protein juga bisa membantu tubuh Anda untuk membentuk jaringan baru pada otot-otot Anda.

3. Selenium
Selenium sangat dibutuhkan untuk membentuk zat antioksidan dan meningkatkan imunitas anak.

4. Seng atau Zinc
Zat ini memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh. Kekurangan zat seng bisa menyebabkan gangguan pada pengembangan fungsi reproduksi laki-laki dan pembentukan sperma serta mengganggu fungsi kekebalan tubuh.

5. Vitamin B Kompleks
Vitamin B kompleks pada daging sapi membantu kerja sistem saraf otak sehingga mampu membantu menjaga konsentrasi dan meningkatkan daya ingat.

6. Omega 3
Omega 3 membantu fungsi jantung, sistem saraf pusat dan hati. Dalam 150 gram daging sapi, terkandung sekitar 30 gram asam lemak Omega 3.

Kandungan Gizi pada Daging Babi n manfaatnya
1. Kandungan energi
Dari 100 gr manfaat daging babi ternak, terkandung 457 kkal. Energi ini sangat bermanfaat untuk : Memberikan tenaga untuk beraktivitas ,Menjaga daya tahan tubuh ,Mencegah terjadinya kelelahan ,Meningkatkan focus dalam melakukan aktivitas

2. Protein yang tinggi
Dari 100 gr daging babi mengandung 11.9 gr protein yang sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh untk : Membentuk masa otot ,Menjaga kekuatan dan ketahanan tubuh, Mengikat lemak

3. Kalsium
Dari100 gr daging babi ternak memiliki kandungan kalsium sebanyak 7 mg, Kalsium yang terkandung dalam daging babi ini berguna untuk : Menjaga kesehatan tulang, Mencegah osteoporosis, Meninggikan badan terutama dalam masa pertumbuhan

4. Fosfor
Dari 100 gr daging babi ternak memiliki kandungan fosfor sebanyak 117 mg Fosfor dapat bermanfaat bagi tubuh sebagai : Pencegah osteoporosis, Menjaga kesehatan tulang .

5. Mencegah anemia
Daging merah seperti babi, sapi dan kambing mengandung selenium yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia alias kekurangan darah. Berikut ini dampak dan gejala dari anemia

6. Zat besi
Dari 100 gr daging babi ternak mengandung zat besi sebanyak 2 mg, Daging babi juga memiliki kandungan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh. Membantu produksi sel darah merah,Mencegah anemia ,Mempercepat kesembuhan luka

7. Bahan penambah rasa pada makanan
Minyak babi yang dihasilkan oleh daging babi ini konon memiliki cita rasa yang nikmat dan lezat

8. memiliki kandungan collagen yang cukup tinggi.
Collagen yang ada pada daging babi ini dapat dimanfaatkan sebagai obat perawatan kulit dan wajah, karena dapat : Menghilangkan jerawat Mengencangkan kulit,Mencegah atau mengurangi gejala penuaan / anti aging

9. Bahan baku pembuatan sabun
Daging babi memiliki lemak atau fatty acids yang ternyata memiliki banyak manfaat terutama dalam industri pembuatan jenis sabun dan beberapa produk kecantikan.

Demikian ulasan perbedaan Daging Sapi dan Daging Babi yang kami tinjau dari sisi kesehatan dan tidak bermaksud mengganggu pandangan kaum muslim bahwa daging babi itu haram.
mohon pengertian n maklum.yang penting kedua jenis masakan harus matang dan bersih.
Sekilas info,Semoga bermanfaat
RobertoNews 1640 《 29.12.22(08.00》
• Praktisi dokter dan penulis ilmu kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait