Masakan Bumbu Madura di Jl. KH. Mas Mansur Surabaya

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalia.com |  Surabaya sebagai kota pahlawan dan pusat perbelanjaan serta Kota Metropolian kedua setelah Jakarta.

 

Kota Surabaya mempunyai nilai sejarah terhadap kemerdekaan Indonesia. Ada banyak peristiwa penting yang terjadi di  kota ini selama masa penjajahan.

Meski begitu, tidak hanya memiliki nilai sejarahnya tersendiri, Surabaya juga menawarkan aneka wisata kuliner. Ada banyak jenis makanan unik yang sayang untuk Anda lewatkan. Nah, jika Anda berkunjung ke ibu kota Provinsi Jawa Timur ini untuk berlibur Tahun Baru, cobalah untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata kuliner Surabaya berikut ini,

 

  1. Nasi Cui Bumbu Madura

 

Nasi Cumi Bumbu Madura,  warung ini terletak di pinggir jalan KH. Mas Mansur, tepatnya di depan Hotel Kemajuan. Dilengkapi dengan Rombong dan 10 tempat duduk ala kadarnya, warung ini dipadati oleh pecinta kuliner dari berbagai kalangan,

Sepintas warung ini terlihat biasa, namun setiap harinya warung Bumbu Madura ini dipadati pengunjung, bahkan sampai menghabiskan beras hingga 150 kilo per hari, untuk menyiapkan menu lengkap seperti, Rawon, Empal, Usus Cumi-cumi Tongkol, yang mencapai 20 menu di warung ini.

2. Sate Klopo Ondomohen

Klopo merupakan bahasa Jawa untuk menyebut kelapa. Lantas, apa hubungan antara sate dan kelapa? Apakah sate yang terbuat dari daging digantikan oleh kelapa? Atau sate yang diberi taburan parutan kelapa sebagai pengganti bawang goreng?

Jawabannya bukan keduanya. Sate Klopo Ondomohen merupakan sate daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate seperti umumnya. Akan tetapi, walaupun terlihat sama, lidah Anda akan merasakan perbedaan rasa yang lebih menggoda.

Irisan sate di tempat kuliner Surabaya ini lebih besar dan sudah dibumbui terlebih dahulu dengan kelapa yang telah disangrai, inilah yang menyebabkan Sate Klopo Ondomohen menjadi lebih gurih. Dengan bermodalkan Rp20.000,00 saja, Anda bisa mendapatkan seporsi Sate Klopo Ondomohen di Jalan Walikota Mustajab no. 36, Surabaya.

3. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Tidak jauh dari ITS, Anda bisa menemukan tempat wisata kuliner Surabaya yang terkenal. Tak hanya untuk kalangan mahasiswa, pengunjung dari berbagai kalangan juga datang berbondong-bondong ke Jalan dr. Ir. H. Sokearno (Merr) Surabaya untuk menikmati kuliner Surabaya yang satu ini. Pasalnya, soto ayam yang dihidangkan selalu berhasil membuat ketagihan dan ramah kantong dengan harga hanya sekitar Rp20.000,00-an.

Jika Anda tidak menyukai bagian-bagian tertentu, Anda bisa mengutarakannya. Contohnya, Anda memesan seporsi soto ayam dengan daging bagian dada tanpa kulit. Maka yang akan tersaji dalam mangkuk Anda adalah daging ayam bagian dada tanpa kulit tanpa campuran lainnya.

Selain itu, kuah kuningnya juga segar dan menggoda indra penglihatan maupun indra pengecap. Aroma kaldunya juga menyerbak bersama dengan kepulan uap yang hangat. Anda yang menyukai koya pun dapat menambahkan sendiri sebanyak yang Anda mau tanpa harus membayar lebih.

4.  Nasi Goreng Jancuk

Jika ada satu kata yang akan mengingatkan orang-orang akan Surabaya, maka kata terakhir pada tempat wisata kuliner Surabaya yang satu ini adalah kata yang tepat. Meski Anda bisa mendapatkan nasi goreng di mana saja, Nasi Goreng Jancuk adalah destinasi kuliner Surabaya yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja ketika berada di kota ini.

Asal muasal nama ini juga bisa dikatakan spontan. Konon, Nasi Goreng Jancuk berasal dari umpatan pelanggan setelah mencicipi sajian ini. Koki yang membuat menu ini untuk teman-temannya sengaja menambahkan cabai rawit dengan jumlah yang banyak dan ketika sendok pertama nasi goreng ini sampai di lidah teman-teman si koki, spontan mereka mengumpat, “Jancuk! Pedes, Cuk!”

Jika ingin menikmati nasi goreng khas Surabaya ini, ada baiknya Anda ditemani beberapa orang. Porsinya cukup banyak, cukup untuk sekitar empat sampai lima orang. Dengan harga sekitar Rp150.000,00 per porsi, Anda bisa mendapatkan Nasi Goreng Jancuk di Royal Plaza.

5. Depot Bu Rudy

Soal kuliner, orang Indonesia memang punya ciri tersendiri. Pertama, tak peduli seberapa banyak makanan yang telah disantap, jika belum makan nasi, maka dianggap belum makan. Kedua, makan nasi pun tidak akan lengkap tanpa kehadiran sambal.

Jika Anda termasuk kategori tersebut soal makanan, maka datanglah ke Depot Bu Rudy ketika berada di Surabaya. Menu yang disediakan tempat kuliner Surabaya ini sangat beragam, tetapi cobalah untuk membuktikan sendiri kenikmatan seporsi nasi udang empal yang menjadi andalan di sini. Nasi pulen hangat disajikan bersama dengan udang tepung goreng yang renyah, empal yang empuk dengan bumbu meresap, dan sambal bawang Bu Rudy yang termashyur.

Nasi udang empal Bu Rudy dibanderol sekitar Rp20.000,00an saja. Selain makanan, di depot Bu Rudy yang berlokasi di Jalan Dharmahusada no. 140 Surabaya ini juga dilengkapi tempat oleh-oleh khas Surabaya. Begitu melewati pintu masuk, Anda akan disambut dengan jejeran beraneka ragam oleh-oleh, namun jika ingin membeli oleh-oleh paling khas dari Depot Bu Rudy, Anda bisa membeli sambal bawang, sambal terasi, atau sambal ikan peda dalam kemasan.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi kuliner Surabaya yang wajib kamu santap saat berada di kota ini. Tertarik untuk mengunjungi Surabaya di libur Tahun Baru? Dapatkan tiket murah di Shopee dengan Diskon Akhir Tahun 2019!

 

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *