MBI-MPR RI Gelar Cerdas Cermat Empat Pilar, Pemenang Diberi Moge

JAKARTA, Beritalima.com– Inovasi dan kreasi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yakni Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) kembali menggeliat. Inovasi dan kreasi itu bertujuan agar sosialisasi yang menjadi program MPR RI tersebut benar-benar sampai ke semu lapisan masyarakat Indonesia.

Salah satu langkah yang dilakukan MPR RI adalah menjalin kerja sama dengan Motor Besar Indonesia (MBI) dengan serangkaian kegiatan yang menjadi ajang silaturahmi komunitas motor besar dan kecil termasuk ojek on line. Kegiatan itu digelar 22-23 Februari 2020.

Ketua Panitia yang juga Wakil Ketua Umum MBI, Niko Marcelino didampingi Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), Ahmad Basarah dan Arsul Sani di Press Room Gedung Nusantara III KOmplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (19/2) mengatakan, sosialisasi Empat Pilar MPR ini bakal diisi dengan serangkaian kegiatan antara lain cerdas cermat yang bakal sedikitnya 80 tim (satu tim 10 orang) dari komunitas motor besar dan kecil.

Untuk pemenang disediakan hadiah berupa Moter Besar (Moge) dan motor kecil. Selain itu juga disediakan motor kecil untuk door prize. “Hadiah itu untuk memacu semangat para komunitas motor Indonesia untuk bersatu,” ungkap Nico.

Babak penyisihan cerdas cermat dimulai Sabtu (22/2) pukul 7.00. Setelah registasi dan coffee break digelar Sosialisasi Empat Pilar. Usai sosialisasi dilanjutkan dengan cerdas cermat. Juri dari tim yang sudah ditunjuk MPR RI.

Esok harinya dilanjutkan grand final cerdas cermat. Namun, sebelum cerdas cermat, digelar serangkaian kegiatan. “Hadiahnya menarik antara lain paket bulan madu di Hotel Sultan. Selain itu juga digelar Rolling Thunder yang akan dibuka Bamsoet dan dihadiri pimpinan DPR RI dan DPD RI. “Dalam Rolling Thunder bergabung komunitas motor besar dan kecil. Start di samping Senayan City, menuju gedung MPR/DPR,” kata Niko.

Ahmad Basarah mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas inisiatif dan prakarsa MBI, termasuk Ketua Dewan Pembina MBI Bambang Soesatyo yang bekerja sama dengan MPR menggelar sosialisasi ini. “Dua minggu terakhir telah kami sepakati membentuk panitia bersama kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI untuk para bikers,” kata dia.

Menurut Basarah, pesan dari sosialisasi dan pemantapan nilai-nilai luhur berbangsa dan bernegara ini melihat dinamika yang terjadi belakangan di mana nilai-nilai Pancasila mulai redup di sebagian anggota masyarakat.

Karena itu, ujar dia, sesuai tanggung jawab yang diberikan UU MD3 kepada MPR untik melakukan sosialisasi dan pemantapan nilai-nilai luhur berbangsa dan bernegara, harus terus digelorakan secara terstruktur sistematis dan masif. “Atas dasar itulah kami dari pimpinan MPR khususnya sebagai wakil ketua MPR RI yang membidangi Sosialiasi Empat Pilar MPR RI ini, mencoba menciptakan kreasi-kreasi baru,” demikian Ahmad Basarah. (akhir)