PN Surabaya Kabulkan Permohonan Ganti Kelamin, Perempuan Jadi Laki-Laki

  • Whatsapp

SURABAYA – beritalima.com, Pengadilan Negeri kelas I Surabaya, mengabulkan permohonan pergantian jenis kelamin Putri Natasiya dari jenis kelamin perempuan menjadi laki-laki, setelah mempertimbangkan pendapat ahli dan kedokteran.

Pengabulan permohonan pergantian jenis kelamin tersebut dilakukan pada persidangan yang digelar, Rabu (19/2/2020) dengan hakim tunggal R Anton Widyopriyono.

“Satu mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya, dua menetapkan pemohon berubah status jenis kelamin dari perempuan jadi laki-laki dan mengubah nama dari Putri Natasya jadi nama Putra Ahmad Adinata. Memerintahkan kepada pemohon untuk melaporkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Blora dan Surabaya untuk mencatat perubahan kelamin dan nama pemohon,” ujar hakim Anton dalam amar putusanya.

Dalam pertimbangan putusan hakim disebutkan bahwa dari fakta dan bukti selama persidangan yakni keterangan saksi dan juga bukti rekam medis bahwa Putri Natasya adalah seorang laki-laki yang memiliki kelainan kelamin sehingga dianggap perempuan oleh orang tua kandungnya.

“Dengan demikian Putri Natasya resmi berganti nama menjadi Ahmad Putra Adinata,” papar hakim Anton.

Atas penetapan hakim ini, Putri Natasya yang kini berganti nama menjadi Ahmad Putra Adinata mengaku senang. Begitupun dengan orang tuanya yang mengaku lega anaknya sekarang sudah disahkan sebagai pria, karena ini menyangkut masa depan dia kelak.

“Seneng sekali, hari ini langsung pulang, yang penting anak saya adalah laki-laki, alhamdulillah, nggak tau aku, taunya di puskesmas itu,” ujar Sulistyowati ibu kandung pemohon.

Diketahui, Putri Natasiya sebelumnya mengajukan permohonan status jenis kelamin dan mengganti namanya menjadi Ahmad Putra Adinata. Namun permohonan itu dicabut melalui proses persidangan pada Rabu (20/11/2019).

Permohonan ganti kelamin ini dikarenakan Putri Natasiya memiliki kelamin ganda. Saat dilahirkan Ia berkelamin perempuan, Namun seiring waktu mulai ada perubahan diri dan fisik dari Putri Natasiya. Organ wanitanya (vagina) tidak berkembang selayaknya. Justru organ prianya (penis) yang lebih berkembang. (Han)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait