Mediasi Warga Cibolang dan Pengusaha Tambang Soal Jalan Rusak

  • Whatsapp

SUKABUMI, beritalima.com| Pemerintah Desa (Pemdes) Cibolang Kecamatan Gunungguruh, kabupaten Sukabumi, memanggil Pengusaha Pertambangan Galian C dan PT. Sierad untuk bermusyawarah dengan warga Desa Pasir Badak di kantor desanya, terkait perbaikan infrastuktur yang terindikasi rusak akibat aktifitas kendaraan operasional kedua perusahaan.

Warga meminta agar perbaikan jalan Pasir Badak menuju Padraang, sepanjang 1,5 km atau sekitar 100 hingga 200 meter dan lebar 3 meter dengan cor beton, segera direalisasikan. Musyawarah itu dilaksanakan di Kantor Aula Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Jum’at (5/7/2019).

“Menindak lanjuti permasalahan tersebut, alhamdulillah hari ini Pemdes Cibolang bersama para pengusaha dan warga berembuk untuk memusyawarahkan terkait Jalan Desa Pasir Badak menuju Padaraang. Sebenarnya ini hanya mis komunikasi saja,” terang Kepala Desa Cibolang Pepen Supendi, Jum’at (5/7).

Lebih lanjut Kades Pepen mengatakan bahwa para Pengusaha Tambang Galian C dan PT Sierad ini sudah mempunyai program akan memperbaiki jalan Pasir Badak sepanjang 1,5 km atau sekitar 100 hingga 200 meter dab lebar 3 meter dengan cor beton.

“Yang menjadi PR saya pribadi selaku Kepala Desa Cibolang saat ini adalah jalan desa yang awalnya selebar 3 meter kini hanya sekitar 2 meter, ketika ada pelebaran jalan Desa Pasir Badak maka pemerintah desa perlu melakukan sosialisasi kepada warga untuk menjelaskan status tanah jalan milik pemerintah desa,” jelas Pepen Supendi.

Dengan adanya pertemuan para pengusaha Tambang Galian C dan PT. Sierad dengan warga pasir badak menemukan titik terang, yaitu pihak pengusaha bersedia dalam waktu dekat akan memperbaiki jalan. Pengusaha juga akan memberikan bantuan untuk memperbaiki sarana pendidikan.

Sementara itu salah satu H Ismail Pengusaha Tambang Galian C, menyatakan bahwa sebenarnya persoalan bahwa, warga ini tidak tahu menahu tentang program pengusaha dengan pihak pemdes Cibolang.

“Ini hanya mis komunikasi, dan warga pun kemungkinan kurang begitu hafal harus menanyakan kepada siapa dan, Alhamdulillah dengan adanya musyawarah antara pengusaha dengan warga yang ditengahi oleh Pemerintah Desa Cibolang sudah menemukan titik temu,” ujar H Ismail.

“Intinya hasil dari musyawarah ini kita bersepakat akan segera memperbaiki jalan Pasir Badak. Insya Allah minggu ini kita akan menaburkan magadam.” Jelasnya.

Pengusaha juga pada prinsipnya mendukung untuk pembangunan Majelis Ta’lim, sarana pendidikan untuk anak-anak mengaji, dan bapak ibu Ta’lim disitu.

“Terlebih apa yang tadi disodorkan oleh warga untuk dana pembangunan sebesar Rp 30 juta itu, kami tiga perusahaan bersedia membantu dan menjawabnya,” pungkas dia.

Turut hadir pada musyawarah tersebut, perwakilan dari Polsek  Gunungguruh, Babinsa dan tokoh warga setempat. [andi]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *