beritalima.com

Mengenalkan Media Pembelajaran Online

  • Whatsapp

beritalima.com | Mengenalkan Media Pembelajaran Online Kepada Guru dan Murid Sekolah Dasar.
Desa Tenggulunan merupakan sebuah desa yang terletak di kecamatan Candi kabupaten Sidoarjo. Di desa Tenggulunan, rata-rata penduduknya memiliki kelas ekonomi menengah standart, dan di desa ini terdapat beberapa sekolah Sekolah Dasar, hingga beberapa pondok pesantren yang menjadikan desa Tenggulunan sebagai tempat pendidikan.


KKN kali ini UMSIDA menerapkan KKN Back to Village dimana mahasiswa menjalani KKN mandiri dan kembali mengabdi pada kampung halamannya selama kurang lebih 2 bulan, hal ini dikarenakan adanya pandemi Corona Virus. Corona Virus atau COVID-19 merupakan suatu penyakit yang mewabah pada hampir seluruh Negara didunia dan juga di Indonesia. Adanya pandemi Covid-19 banyak sekali aturan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah, hal itu mengakibatkan perubahan secara tiba-tiba dalam keseharian masyarakat, namun perubahan dratis ada pada bidang pendidkan.
Adanya wabah Covid-19 tersebut di Indonesia mengakibatkan sistem pendidikan dirubah menjadi sistem pembelajaran berbasis online. Mau tak mau seluruh sekolah di Indonesia harus mengikuti aturan pemerintah. Salah satunya di desa Tenggulunan, pembelajaran online di dusun ini masih pertama kali dilakukan sehingga membuat pembelajaran online masih belum efektif sepenuhnya. Banyak dari siswa Sekolah Dasar di desa Tenggulunan yang mengartikan pembelajaran online ini sebagai hari libur sekolah dikarenakan siswa tidak mendapatkan materi yang sesuai namun hanya mendapatkan tugas untuk dikerjakan. Setelah tugas mereka selesai tentuya dengan bantuan orangtua, mereka akan bermain seperti halnya hari libur. Ada juga yang tidak mau tau tentang sekolahnya mereka mengira libur sekolah adalah hari libur dan. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman akan pembelajaran online dan juga kurangnya pengetahuan guru dan orangtua murid dalam hal pengetahuan teknologi untuk mendukung pembelajaran online.

beritalima.com

Mengenalkan Media Pembelajaran Online Kepada Guru dan Murid Sekolah Dasar.
Melalui KKN Back to Village penulis akan membantu guru dan orangtua untuk mendampingi anak dalam proses belajar dari rumah dan materi tetap tersampaikan kepada siswa. Inovasi pembelajaran yang akan diberikan kepada guru dan orangtua murid yaitu pengenalan akan media pembelajaran berbasis online dan aplikasi game education pada media flash8 dan google classroom kepada anak saat belajar dari rumah guna membantu pemahaman anak dalam belajar. Dengan hal tersebut guru akan lebih kreatif dalam penyampaian materi, disisi lain dengan mengggunakan teknologi murid tidak akan merasa bosan dengan pembelajaran yang dilakukan dan daya anak minat terhadap pembelajaran bisa meningkat. Orangtua sebagai pendamping anak dirumah dan orang yang setiap saat memantau semua kegiatan yang dilakukan anak akan di perkenalkan dengan game education atau aplikasi belajar online seperti ‘Google Clasroom’ atau ‘Flash8 (Game Kuis)agar menarik rasa minat dan semangat anak dalam belajar yang menyenangkan dari rumah.
(Ucik Hidayati/ PGSD/178620600062/K2NT15UMSIDA/Sidoarjo).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait