Menggandeng DPR RI, Kemenperin RI Gelar Bimtek WUB IKM di Situbondo

  • Whatsapp
Anggota DPR RI Kasih Khan foto bersama dengan peserta (Joe beritalima.com)

SITUBONDO,beritalima.com – Kemenperin RI menggandeng komisi VI DPR RI menggelar Bimtek Wira Usaha Baru (WUB) industri kecil menengah (IKM) selama 4 hari sejak tanggal 10 – 13 maret 2020 bertempat di hotel Sido mumcul 1 area wahana wisata pantai Pasir Putih Situbondo, jumat (14/3/2020

Kasubdit Program Pengembangan IKM kimia, sandang, kerajinan dan Aneka Dirjan IKMA Kementrian Perindustrian RI Antasari Putra.SE mengatakan, industri kecil dan menengah adalah salah satu penyumbang utama sektor industri di Indonesia terbesar, dengan 4 juta IKM dan menyerap lebih 10 juta tenaga kerja.

Bacaan Lainnya

“Peluang pasar sekarang semakin luas, dengan IKM bisa memaksimalkan potensi pruduksi daerah, misalnya melalui internet, kemenperin mengucapakan terima kasih kepada Disperdagin Anggota DPR RI Nasim Khan yang membantu terlaksananya bimtek ini, semoga kedepannya dengan bekal pelatihan akan semakin membawa Situbondo lebih sejahtera,”Ucapnya saat acara penutupan.

Sekdis Disperdagin Kabupaten Situbondo Yogie Kripsian Sah, SSTP.M.Si, mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI Nasim Khan atas perjuangan menghadirkan Kemenperin RI dan mempercayakan kepada Kabupaten Situbondo untuk menjadi salah satu Bimtek di mana tidak semua daerah/Kabupaten bisa terpilih.

“Yang pertama kami Disperdagin mengucapkan terima kasih atas perjuangan putra terbaik Situbondo yang telah menghadirkan Kemenperin RI di Situbondo, terhadap yang sudah lulus pelatihan nantinya bisa mengajuan bantuan alat melalui aplikasi E-Berkah, komitmen kami akan terus mendampingi pengembangan IKM dari WUB terus berkembang agar tercipta usaha baru,” Tandas Yogie.

Anggota komisi VI DPR RI ir Nasim Khan yang hadir bersama Auranzeb khan Direktur Nasim khan Institute (NKI) dalam sambutannya mengatakan, apa yang dilakukannya sebagai bentuk pengawasan terhadap mitra Komisi VI, agar bentuk pelatihan atau bimtek betul – betul tepat sasaran.

“Sebagai wakil rakyat dari Situbondo, saya akan terus mengawal dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat yang sudah mempercayakan saya sebagai wakilnya di Senayan, semoga program dari Kemenperin RI didukung oleh kemauan keras oleh masyarakat Situbondo untuk maju dan bersaing dengan daerah lain yang lebih modern,” Pungkas Nasim.

Salah satu peserta berharap, pelatihan seperti itu sering dilakukan di Situbondo karena menurutnya sangat membantu bagi warga Situbondo yang ingin memulai usaha Baru.

“Pelatihan selama 4 hari sebenarnya kurang pak harusnya sedikitnya 10 hari agar kami lebih matang lagi, tapinkami bersyukur dengan pelatihan singkat tapi dengan instruktur yang handal, kami sudah bisa memproduksi barang dengan kualitas layak ekspor,” Ucapnga bangga.

Bimtek WUB IKM dalam rangka penumbuhan dan pengembangan Wira usaha Baru di kabupaten Situbondo selama 5 hari diikuti oleh puluhan peserta yang dibagi menjadi 3 Pelatihan yakni pelatihan makanan ringan, pakaian jadi, kerajinan kerang, bahkan para peserta memakai baju hasil pelatihan pakaian jadi sambil lenggak lenggok bak peragawati didepan tamu undangan menunjukkan hasil mereka. (Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait