Mengharukan, Detik-Detik Proklamasi Di KA dan Stasiun

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PT KAI Daop 8 memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 bersama para pelanggan yang sedang melakukan perjalanan dengan kereta api (KA), Selasa (17/8/2021).

Melalui alat pengeras suara, seluruh pelanggan di dalam KA maupun di stasiun-stasiun di wilayah Daop 8 diinstruksikan berdiri untuk melakukan penghormatan detik-detik Proklamasi dengan mendengarkan rekaman pembacaan teks Proklamasi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Aktivitas ini berlangsung mulai pukul 10.17 sampai pukul 10.20. Dan untuk menguatkan momen itu, petugas di stasiun dan di atas KA juga menyelipkan kalimat “Dirgahayu Republik Indonesia Ke-76, serta Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Manager Humas KAI Daop 8, Luqman Arief, mengatakan, respon para pelanggan sangat antusias, haru dan bangga ketika mengikuti peringatan HUT RI di stasiun dan KA. “Meski dilakukan secara sederhana, namun peringatan HUT RI kali ini tetap berjalan khidmat dan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Luqman menuturkan, dengan dilangsungkannya peringatan HUT RI di dalam kereta dan di stasiun diharapkan dapat menumbuhkan nasionalisme pada masyarakat khususnya pelanggan KAI. “Diharapkan dengan adanya kegiatan ini pelanggan dapat ikut merasakan semangat nasionalisme,” tandas dia.

Ditambahkan, dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke 76 ini Daop 8 juga membagikan souvenir kepada pelanggan di beberapa KA, yaitu KA Argo Wilis, KA Argo Anggrek, KA Gajayana, KA Jayabaya, dan KA Jayakarta.

Selain itu, para petugas frontliner yang terdiri dari petugas customer service on station, ticketing officer, dan announcer di Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi dan Stasiun Malang juga mengenakan pakaian bernuansa kemerdekaan Republik Indonesia.

Semua kegiatan ini, kata Luqman, dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat, diantaranya wajib pakai masker, cuci tangan pakai sabun, cek suhu tubuh, dan jaga jarak.

“Selama masa pandemi Covid-19 KAI terus konsisten menerapkan disiplin protokol kesehatan dengan ketat untuk menjadikan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, dan sehat bagi masyarakat,” pungkas Luqman. (Gan)

Teks Foto: Para calon penumpang KA di Stasiun Surabaya Gubeng ketika melakukan penghormatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 76, Selasa (17/8/2021)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait