Mengintip Latihan Mental Pasukan Kopaska di Banongan Situbondo

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima.com – Dalam menjaga keutuhan NKRI Indonesia memiliki pasukan militer yang kuat dan sangat disegani oleh pasukan Militer Luar negeri. salah satunya adalah Komando Pasukan Katak atau lebih dikenal dengan sebutan KOPASKA. Pasukan Khusus milik TNI Angkatan Laut (KSAL).

Kopaska didirikan pada 31 Maret 1962. pada rangkaian HUT Kopaska ke- 56 tahun Beritalima.com berkesempatan melihat secara langsung latihan atau olah kemahiran Kopaska yang disentralkan di Pusat Latihan Kopaska Pantai (PLKP) Banongan, Asembagus Situbondo.

Latihan yang dipimpin oleh Mayor Laut Kopaska Bayu mengatakan jika latihan di PKLP Banongan merupakan puncak latihan setelah sebelumnya melakukan latihan di udara, darat di jember dan terlahir laut.

“Selain latihan fisik yangvpaling berat di lakukan oleh Kopaska adalah mental. dan tujuan latihan ini lebih ke latihan Memusatkan fojus dan pikiran sehibgga mental prajurit Kopaska tidak mudah ngebleng disaat situasi sulit,” Ujar Mayor Bayu.

Ditambahkan oleh Mayor Bayu jika Kopaska sendiri tidak hanya dipersiapkan dalam kondisi perang namun juga dipersipkan untuk situasi genting penyelamatan sandra. atau oprasi militer lain,”Contoh kami juga pernah melakukan penyelamatan sandra oleh perompak Somalia atau pencarian pesawat yang hilang beberapa tahun lalu. itu kami Kopaska yang menyelam ke kedalaman laut,”Bangganya.

Pelatihan terhadap prajurit Kopaska juga tidak mengenal waktu jelas Mayor bayu karena situasi perang tidak bisa diprediksi dan tidak mengenal waktu,”Kopaska memiliki semboyan Tan Hana Wighna Tan Sirna yang berarti tak ada rintangan yang tak dapat diatasi,” ujarnya, seraya dirinya menambahkan bahwa dalam tugas manusia katak memiliki tiga tugas utama yaitu tugas dalam operasi amphibi, operasi khusus dan operasi tambahan dalam menjaga NKRI. (Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *