Menyambut HUT RI ke-72, Kodim 0823 Kibarkan 17 Bendera Merah Putih Raksasa

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima.com – Sebanyak 17 Bendera Merah Putih Raksasa di kibarkan serentak di seluruh daerah kecamatan se-Kabupaten Situbondo Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 RI, Tampak di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0823 Situbondo juga berkibar bendera Merah Putih raksasa berukuran 8 X 17 meter ditewor setingggi 60 meter di jalan PB. Sudirman no 32. Selasa (15/8).

Proses pengibaran bendara besar ukuran 8 X 17 meter di tower setinggi 60 meter membutuhkan perjuangan yang berat karena harus berjibaku dengan kencangnya angin, namun pengibaran bendera tersebut berhasil dilakukan hanya oleh empat anggota Kodim 0823, yang dilakukan serentak jam 06.00 Wib serentak hingga Sang Saka Merah Putih berkibar diseluruh langit 17 Kecamatan se-Kabupaten Situbondo.

“Pemasangan bendera raksasa ini merupakan arahan Pangdam V Brawijaya menindak lanjuti intruksi Presiden RI dalam memperingati HUT RI ke-72, dengan tujuan agar kita mengenang bagaimana sulitnya perjuangan pejuang bangsa ini terdahulu walau hanya mengibarkan bendera pada jaman itu, tidak semudah pengibaran di tiang depan rumah seperti sekarang ini,”Ucap Pasi Intel Kodim 0823/Situbondo Kapten Inf Edi Supriono mewakili Dandim 0823.

Pasi Intel Kodim 0823 juga menerangkan dipilihnya ukuran 8 x17 meter serta jumlah di 17 wilayah koramil jajaran disesuaikan dengan tanggal dan bulan saat proklamasi kemerdekaan RI, mengenai pemasangan bendera yang tidak sampai puncak tower karena dikawatirkan mengganggu frekuensi repeater yang di tower.

“Dalam.pengibaran Bendera merah putih disetiap tower dengan ketinggian standart 60 meter tentunya harus dengan perjuangan berat, karena apabila salah perhitungan bisa – bisa nyawa taruhannya karena kencangnya angin, apabila tidak sampai di puncak tower, kami juga memperhitungkan agar bendera tersebut tidak mengganggu frekuensi repeater dari setiap tower karena fungsi tower sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas,”Jelas Kapten Inf Edi S.

Ditambahkan oleh Pasi intel, Dandim 0823 Letkol inf Ashari berharap dengan pengibaran bendera raksasa ini, masyarakat akan tumbuh jiwa nasionalismenya, dan senantiasa meneladani semangat perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam memerdekakan Republik Indonesia.(Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *