Meriahkan HUT RI ke-77, Desa Sumberagung Gelar Karnaval Umum

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Pemerintah Desa Sumberagung, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur menggelar karnaval umum yang diikuti oleh puluhan kelompok kreasi yang ada di wilayah tersebut.

Digelarnya karnaval umum, merupakan rangkaian acara untuk mengisi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77. Kegiatan digelar mulai jam 13.30 WIB – selesai. Minggu, (11/09/2022).

Rute yang ditempuh dengan jarak sekitar 4 km, dimulai start dari lapangan Desa Sumberagung dan finish di depan panggung kehormatan sekaligus tempat atraksi terakhir.

Hadir dalam acara, Kepala Desa Sumberagung Judianan Junjung Nugroho, anggota DPRD Kabupaten Tulungagung Ponidi, Camat Rejotangan Didi Jarot Widodo Nur Samsu, Forpimka Rejotangan, Kepala Desa Se-Rejotangan, BPD, LPM, tokoh masyarakat, tokoh agama, Ketua panitia dan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya Kades Junjung menyampaikan bahwa, acara ini untuk merayakan HUT RI ke-77 dan mengobati rasa kangen setelah beberapa tahun Vakum.

“Kegiatan ini merupakan obat bagi warga Sumberagung, karena telah vakum beberapa tahun tidak ada kegiatan atau hiburan akibat pandemi,” Ucap Kades.

Selain itu, paparnya, ini merupakan puncak rangkaian acara memperingati HUT RI ke-77. Sebelumnya, sudah dilaksanakan berbagai kegiatan perlombaan di masing-masing RW.

Menurutnya, kegiatan karnaval untuk memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia, tinggal mengisi dan memeriahkan kemerdekaan.

“Merdeka dari segala hal, contoh, saat ini sedang maraknya narkoba, jangan sampai kita dijajah dengan barang haram tersebut. Karena akan merusak generasi muda untuk menjadi pemimpin masa depan. Sehingga harus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif,” ujarnya.

Tambahnya, mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, seperti, mengeluarkan kreasi-kreasi dan tampilan yang memukau untuk disajikan ke penonton dan melestarikan budaya kesenian lokal daerah.

“Kita tinggal mengenang dan mengisi dengan kegiatan, lebih berat para pahlawan yang berjuang dan telah gugur merebut Kemerdekaan bangsa ini. Mereka yang telah gugur mendahului kita, semoga mendapat tempat yang layak disisi Allah SWT,” tutup Kades Junjung.

Sementara itu, Sutikno Ketua panitia PHBN mengatakan, kegiatan karnaval sempat mundur beberapa jam karena turun hujan.

“Kendalanya, maklum ada hujan, akhirnya kita menunggu hingga hujan reda sampai jam 11.30. Untuk pemberangkatan karnaval baru dimulai jam 13.30,” kata Sutikno.

Lanjutnya, alhamdulillah kegiatan karnaval untuk memperingati HUT RI ke-77 berjalan dengan lancar tidak ada halangan suatu apapun dan tetap guyub rukun Desa Sumberagung.

Disampaikannya, peserta yang mengikuti Karnaval sebanyak 44 group, semua sudah bisa melaksanakan sampai selesai meskipun hingga malam hari. Tidak ada selisih pendapat, peserta bisa memahami situasi dan kondisi.

“44 group yang mengikuti karnaval berada di 3 Dusun, yakni, Dusun Purwodadi, Dusun Tanen dan Dusun Rowoubeng, ditambah peserta dari lembaga Pendidikan yang ada di Sumberagung. Semua kompak mengikuti karnaval memeriahkan HUT RI ke-77,” tutur Sutrisno.

Sutrisno juga berharap, kegiatan seperti ini, kedepan bisa lebih besar dan ramai. Mengingat, karena acara untuk tahun ini persiapannya hanya dalam waktu singkat.

“kedepan bisa lebih enjoy lagi, lebih semarak lagi daripada pelaksanaan karnaval hari ini. Jika acara meriah, sukses dan maju, Sumberagung bisa menjadi contoh Desa di wilayah Kecamatan Rejotangan,” tandasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait