Meski Pandemi, Harlah PKB Tetap Lancar Dan Sukses

  • Whatsapp

SIDOARJO, Beritalima com|
Ditengah keprihatinan yang saat ini dirasakan oleh umat manusia sedunia, juga dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Pandemi Covid-19 belum berakhir, namun bukan berarti harus berpangku tangan. Setidaknya hal tersebut terlihat dalam tindakan nyata DPP PKB, yang di motori oleh Gus Muhaimin Iskandar. Dan terimplementasi di DPW PKB Jatim. Demikian penjelasan yang disampaikan oleh sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslacah SPd MSi. Kamis (22/7/2021).

Wakil ketua DPRD provinsi Jatim ini menuturkan bahwa rangkaian Kegiatan Harlah ke 23 PKB di Jawa Timur yang perayaannya bertepatan tanggal 23 Juli dalam kondisi Indonesia tidak baik-baik saja. Tingginya kasus wabah covid-19 di Indonesia menjadikan aktivitas sosial ekonomi masyarakat dan agenda-agenda kepartaian terganggu karena adanya pembatasan kegiatan
yang berpotensi dapat menyebabkan penyebaran covid-19.

“Pandemi covid-19 juga telah
menyebabkan berbagai sektor terganggu, sehingga laju pembangunan ekonomi dan pembangunan sumber daya manusia berjalan melambat menuju titik yang mengkhawatirkan. Kondisi yang demikian itu menjadi motivasi semangat kader-kader DPW PKB Jawa Timur untuk bisa bangkit sebagaimana tema Harlah 23 PKB, “PKB Aksi Melayani Indonesia” ,”terang Anik.

Lebih jauh Anik menguraikan bahwa dalam perayaan Harlah tersebut, DPW PKB Jawa Timur menggelar berbagai kegiatan, aksi kemanusiaan dan berbagai lomba yang mendukung tumbuh kembangnya potensi kreativitas anak muda di Jawa Timur. Agenda tersebut antara lain,

“Aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh DPW PKB Jawa Timur yaitu PKB AMI (Aksi Melayani Isolasi mandiri). Kegiatan tersebut adalah berbagi 20 ribu paket sembako untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, karena terpapar covid-19. PKB Jawa Timur menilai, warga yang sudah sadar melakukan isolasi harus didukung dan mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah atau pun dari masyarakat. Dukungan dan perhatian tersebut diantaranya adanya jaminan pemenuhan kebutuhan pokok mereka selama isolasi mandiri, sehingga ada rasa aman bagi mereka menjalaninya. Atas dasar rasa kemanusiaan, DPW PKB Jawa Timur merasa memiliki kewajiban untuk membantu mereka yang menjalani isoman dengan membagikan paket sembako dalam gerakan PKB AMI (Aksi Melayani Isolasi mandiri). 20 ribu paket sembako DPW PKB Jawa Timur yang tersebar di seluruh Jawa Timur yang akan diantar langsung ke-rumah-rumah warga yang sudah terdata oleh kader-kader PKB, relawan, tukang becak dan ojek online di masing-masing DPC PKB kabupaten/kota di Jawa Timur. Tidak hanya itu aksi melayani isolasi mandiri, PKB juga membuka POSKO PKB AMI (Aksi Melayani Isolasi mandiri) yang tersebar di 38 kabupaten / kota dimasing-masing kantor DPC PKB. Tujuan dari posko tersebut adalah untuk memberikan informasi dan edukasi bagi warga
terkait masalah pandemi covid-19. Selain itu, untuk memberikan pelayanan yang dibutuhkan
masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19 atau yang terdampak covid-19,” sambung wanita cantik berhijab ini.

“Yang kedua, melakukan penyembelihan 1000 ekor hewan kurban berupa sapi dan kambing. Penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha selain kewajiban bagi muslim dan tradisi di PKB, penyembelihan 1000 hewan kurban sebagai wujud syukur Harlah PKB ke 23 yang juga bersamaan perayaan hari
raya kurban. Penyembelihan hewan kurban tersebut dilaksanakan di kantor DPC PKB, masjid, mushola, basis konstituen anggota fraksi PKB dan daerah yang berada di bawah garis kemiskinan,” lanjutnya.

Selain itu, ada Lomba Musabaqoh Kitab Kuning. Untuk mendukung pembangunan manusia dan menjaga tradisi keagamaan Jawa Timur, DPW PKB Jawa Timur menggelar lomba Musabaqoh Kitab Kuning khusus para santri yang telah dimulai sejak 28 Juni – 23 Juli 2021 secara online. Lomba tersebut dipilih karena ada 1,7 juta santri di Jawa Timur yang perlu diapreasisi melalui komptitisi. Musabaqoh Kitab Kuning menjadi salah satu solusi dari PKB. Musabaqoh Kitab Kuning terdiri dari dua kategori, kategori putra dan putri dan diikuti oleh 320 peserta dari pondok pesantren se-Jawa Timur. Masing-masing kategori akan ada juara 1,2 dan 3.

Anik menambahkan, Kompetisi e-sport mobile legends adalah agenda berikutnya. DPW PKB Jawa Timur menggelar kompetisi game e-sport mobile legends yang telah dimulai sejak 11 Juni dan Final 2 Agustus 2021 mendatang. Lomba tersebut diikuti 512 tim dengan total 3.090 peserta dari 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur.
DPW PKB Jawa Timur menilai, game mobile legends adalah salah satu kesempatan bagi
Indonesia untuk bisa menjadi trendsetter e-sport dunia, karena atlet Indonesia kini mulai
mendominasi e-sport internasional. Hal yang demikian tersebut menjadi perhatian PKB untuk turut serta mencatak atlet-atlet e-sport profesional, khususnya saat ini di game mobile legends.

“Yang kelima, Lomba video kreatif dan tik tok challenge. Kreativitas remaja dan anak muda masa kini dalam dunia media sosial perlu didukung dan diarahkan, dihargai kreativitasnya. Lomba video kreatif dengan tema kearifan lokal diharapkan mampu meningkatan kreativitas dan memiliki nilai jual di dunia perkontenan media sosial,” paparnya.

Doa dan kataman Al-Qur’an merupakan agenda berikutnya. Kegiatan tersebut merupakan tradisi yang terus dijaga oleh DPW PKB Jawa Timur. Khataman Al-Qur’an diselenggarakan di masing-masing DPC PKB dan dikediaman anggota Fraksi PKB se-Jatim serentak secara online. Dari 369 anggota fraksi PKB se-Jatim, 38 DPC PKB dan DPW PKB Jatim , masing-masing dengan peserta 30 orang. Sehingga total khataman Al-Qur’an PKB Jawa Timur pada tanggal 23 Juli pukul 12:30 WIB akan diikuti sebanyak 12.240 orang. Doa dan kataman Al-Qur’an sebagai bagian dari ikhtiar kader PKB untuk keselamatan bangsa dan pandemi segera berakhir

“Vaksinasi gratis untuk warga di setiap DPC PKB di Jawa Timur juga terdapat dalam agenda Harlah ini. Kami memohon doa restu dari seluruh elemen masyarakat untuk tetap berkomitmen membangun bangsa Indonesia menuju bangsa yang Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbhun Ghafur,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait