MTL, Menuju Pesparawi Se Tanah Papua Dan PON XX.

  • Whatsapp
www.beritalima.com

Timika,beritalima.com. Kepolisian Resor Timika melalui Satuan Lalu Lintas menggelar launching Mimika Tertib Lalu Lintas atau disingkat MTL. Kegiatan ini disebut-sebut untuk mendukung dua kegiatan besar yang nantinya terselenggara di Timika, Pesparawi se Tanah Papua dan PON XX, Saptu, (29/02).

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Eks Pasar Lama, dihadiri sejumlah pimpinan satuan TNI maupun Polri di Timika. Turut hadir juga perwakilan pemerintah daerah juga tokoh agama, tokoh masyarakat, sejumlah komunitas motor dan komunitas masyarakat lainnya seperti paguyuban.

Kapolres Timika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata disela-sela kegiatan MTL menjelaskan pihaknya berharap dengan adanya acara tersebut, masyarakat sadar akan ketertiban lalu lintas. Untuk mendukung hal ini, pihaknya menyebut akan melakukan upaya penindakan hukum jika masih ada masyarakat yang tidak tertib lalu lintas.

“Kita juga akan meminta agar anak-anak sekolah seperti SMP tidak membawa kendaraan. Karena memang tidak boleh, belum punya hak. Nanti akan kami kordinasikan dengan pihak sekolahnya,” ujarnya.

www.beritalima.com

Dalam sambutan pembukaan kegiatan ini, Kasat Lantas Polres Timika, AKP Viky Pandu Widhapermana menyampaikan launching MTL untuk mendukung pelaksanaan Pesparawi dan PON XX. “Acara ini bermaksud agar jelang PON dan Pesparawi, masyarakat sudah tidak lagi melanggar lalu lintas khususnya yang kasat mata seperti tidak menggunakan helm dan kasat telinga yakni penggunaan knalpot non standar,” ungkapnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Harapan lainnya, dengan ketertiban berlalu lintas, masyarakat bisa mencerminkan nilai baik Papua dimata para undangan yang akan datang dalam dua kegiatan tersebut. “Maka, mari kita dukung kegiatan MTL ini,” kata AKP Viky.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Sementara itu, Bupati Timika, Eltinus Omaleng melalui Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Timika, Yan Selamat Purba menyatakan, UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan menuliskan pengaturan angkutan jalan dan pengemudi serta pengguna jalan diatur dalam pasal 1. Sehingga, menjadi tanggung jawab masyarakat bersama untuk tertib dalam mematuhi rambu-rambu yang terpasang.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Ia mengingatkan, MTL bisa dimanfaatkan masyarakat agar menjadi contoh bagi semua provinsi di Indonesia yang akan ada berkunjung ke Timika untuk dua kegiatan tersebut dalam hal ketertiban berlalu lintas.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Kegiatan MTL kemarin diisi pula dengan penarikan undian dengan hadiah utama sepeda motor yang dipersembahkan Astra Motor Jayapura. Selain itu juga ada sosialisasi mengenai bahaya penggunaan narkoba serta bagaimana cara mengendara dengan aman.

www.beritalima.com

Disisi lain, para pimpinan TNI Polri serta pimpinan daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat yang ada di Timika menandatangani pula kesepakatan bersama untuk tertib berlalulintas. Kegiatan itu dilanjutkan dengan pelepasan balon dan pawai kendaraan.

Masyarakat yang hadir menikmati pula hiburan yang dibawa artis ibu kota, dan sejumlah artis lokal. Artis ibu kota yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah duo Serigala yang tampil hingga delapan lagu.

(Timika/Lasatia)

www.beritalima.com

Pos terkait