Ini Wujud Ambulans Laut Tradisional Hasil Swadaya Masyarakat Kangean

  • Whatsapp

SUMENEP, beritalima.com|Tidak tersedianya ambulans laut untuk mengangkut jenazah dari pelabuhan Kalianget ke pulau Kangean Sumenep Madura membuat seorang aktifis kemanusian Moh Fadlan tergugah untuk menggalang dana guna membuat perahu yang terbuat dari kayu untuk dijadikan ambulance laut.

Selain untuk mengangkut jenazah warga Kangean yang meninggal di negeri orang, perahu dengan ukuran panjang 15 meter dan lebar 180 centimeter tersebut nantinya juga akan dipergunakan untuk membawa pasien yang dirujuk ke Sumenep.

Menurut Moh. Fadlan pembuatan ambulans laut tersebut berawal dari keprihatinan dokter Yoppy asal kota Surabaya melihat warga Kangean yang harus mengeluarkan duit hingga 7 juta rupiah untuk mengangkut jenazah dari Kalianget ke pulau Kangean.

“ Keinginan dokter Yoppy tersebut kemudian disambut baik oleh dokter Puguh dari Pamekasan dan langsung transfer uang ke rekening saya lewat dokter Yoppy sebesar 30 juta rupiah,” jelas Fadlan. Sabtu 29/02/20

Walaupun perahu tersebut sekarang sudah bisa digunakan untuk mengangkut jenazah dan membawa pasien , namun perahu kayu yang difungsikan sebagai ambulance laut tersebut masih menyisakan hutang yang cukup banyak.

“Untuk sementara hanya 2 orang kangean yang menyumbang sebesar 2 juta dan 2 orang Sumenep sebasar 2 juta. Sedangkan perahu tersebut menghabiskan dana kurang lebih sebesar 100 juta. Jadi masih menyisakan hutang puluhan juta,” ungkap Fadlan.

Karena perahu ini sifatnya hanya untuk membantu masyarakat kangean yang terkena musibah , Fadlan berharap agar warga Kangean yang punya kemampuan lebih, agar menyisakan sedikit rezekinya untuk ikut berpartisipasi menyumbang agar sisa hutang segera lunas.

Menurut informasi yang dihimpun media beritalima.com perahu yang menelan dana sebesar 100 juta tersebut sementara hanya menggunakan 2 mesin dan kalau ada dana lebih akan ditambah lagi menjadi 3 mesin, sehingga akan mampu menempuh perjalanan Kalianget Kangean selama 4 jam.

Dengan adanya ambulans laut tersebut, lanjut Fadlan nantinya warga Kangean yang hendak membawa jenazah dari Kalianget ke Kangean cukup membayar 4juta saja , dengan rincian untuk uang perawatan perahu, untuk beli bbm dan untuk membayar jasa juragan perahu.

“Bagi masyarakat yang hendak menggunakan jasa angkut ambulance tersebut bisa langsung menghubungi sekcam Arjasa, bapak Aminullah atau Opek Mamburet,’ pungkasnya.

(Fach/ An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait