Naik Peringkat, UNAIR Masuk 10 Besar UI GreenMetric 2022

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com|
Kabar gembira kembali didapatkan oleh Universitas Airlangga (UNAIR) dalam bidang keberlanjutan dan lingkungan hidup. UI Greenmetric World University Ranking 2022 telah menetapkan UNAIR sebagai peringkat 10 dalam pemeringkatan secara nasional.

Penghargaan pemeringkatan itu secara langsung diterima oleh Prof Dr Moh Nasih SE MT Ak selaku Rektor UNAIR di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Kampus Depok pada Senin (12/12/2022).

Peningkatan Peringkat Nasional dan Global

Posisi itu sekaligus menjadikan UNAIR berhasil menduduki posisi ke-83 di tingkat dunia. Di tahun 2021, UNAIR berada pada peringkat ke-12 tingkat nasional, dan 139 tingkat dunia pada pemeringkatan perguruan tinggi skala global yang bergerak dalam bidang berkelanjutan tersebut.

Kenaikan Skor Indikator

Penilaian UI Greenmetric mengacu pada enam indikator yaitu pengaturan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, limbah, air, transportasi, serta pendidikan dan penelitian.
Dr Karnaji SSos MSi selaku Direktur Logistik, Keamanan, Ketertiban dan Lingkungan menyebutkan adanya kenaikan indikator penilaian yang didapatkan UNAIR. Total skor 7600 pada tahun 2021, kini meningkat mencapai 8275. Skor itu juga diikuti dengan peningkatan skor indikator energi sebanyak 725 poin, serta indikator pendidikan dan penelitian sebanyak 50 poin.

Komitmen UNAIR bagi Lingkungan Hidup

Capaian itu menjadi buah dari dedikasi yang selama ini dilakukan UNAIR dalam menciptakan program yang berfokus kepada Sustainable Development Goals (SDGs), utamanya mengenai lingkungan hidup. Program tersebut di antaranya yaitu peningkatan penggunaan renewable energy, pengolahan air limbah domestik, dan juga perluasan ruang terbuka hijau.

Selanjutnya, UNAIR juga berfokus pada pengurangan gas rumah kaca melalui peralihan alat-alat elektronik yang ramah lingkungan, serta pengadaan berbagai kegiatan kampanye dan sosialisasi yang dilakukan secara rutin.

UNAIR akan terus berkomitmen dalam meningkatkan kontribusi terhadap lingkungan.

“Kami berencana untuk menambah daya energi tenaga surya, penambahan jumlah mobil golf listrik, dan meningkatkan pengelolaan sampah serta ruang terbuka hijau,” jelas Pak Ji, panggilan akrab Dr Karnaji.

Kontribusi Warga Kampus

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) tersebut juga menyatakan bahwa peningkatan skor ini tak lepas dari peran serta seluruh warga kampus dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan di area kampus.
Raihan itu menjadi cerminan atas peningkatan kualitas dalam usaha UNAIR dalam mengelola lingkungan.

“Semoga kabar baik ini mampu memotivasi seluruh sivitas akademika untuk terus menjadi yang terbaik dalam upaya peningkatan pembangunan berkelanjutan,” harapnya. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait