Nama-Nama Yang Muncul Maju Pilwali Surabaya 2020

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Tahun 2020 nanti dipastikan akan berlangsung Pemilihan Kepala Daerah serentak di Jawa Timur, termasuk di Kota Surabaya.

Dari hasil Pileg 17 April 2019, untuk DPRD Kota Surabaya, PDIP mendapat 15 kursi, PKB, Gerindra, Golkar dan PKS masing-masing 5 kursi, terus PSI dan Demokrat sama-sama 4 kursi, PAN dan Nasdem sama-sama 3 kursi, serta PPP cuma 1 kursi.

Dengan jumlah kursi sebanyak itu, PDIP bisa mengusung Calon Walikota dan Wakil Walikota Surabaya sendiri, sementara partai lain untuk mengusung Cawali dan Wakilnya harus berkoalisi.

Hal tersebut sesuai peraturan KPU, yang menyebutkan persyaratan mengusulkan Cawali dan Wawali minimal oleh 20 persen dari jumlah anggota DPRD.

Sedangkan jika ada yang ingin maju melalui jalur independen (perseorangan), harus memiliki dukungan 6,5 persen dari jumlah penduduk Surabaya di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan dengan melampirkan surat dukungan disertai e-KTP.

Dari berbagai media, hingga saat ini telah muncul nama-nama Bakal Cawali Kota Surabaya, yang nantinya akan mengerucut menjadi 4 atau 3 kandidat Cawali Kota Surabaya.

Berikut ini di antaranya yang disebut-sebut akan masuk bursa Bakal Cawali dan Cawawali Kota Surabaya Tahun 2020;

1. Dahlan Iskan
2. Machfud Arifin
3. Whisnu Sakti Buana
4. Gus Hans
5. Eri Cahyadi
6. Mufti Mubarok
7. Fandi Utomo
8. Puti Guntur Soekarno
9. Adies Kadir
10. Basa Alim Tualeka
11. Agnes Santosa
12. Arzeti Bilbina
13. Lucy Kurniasari
14. Vinsensius Awey
15. Jamhadi
16. Dhimas Anugrah
17. Maria Lucia Lindhajany
18. Dyah Katarina
19. Kelana Aprilianto
20. Hadrean Renanda
21. Lia Istifhama
22. Rasiyo
23. Bambang Haryo
24. Bayu Airlangga.

Namun, di luar itu, masih ada peluang bagi siapa saja untuk masuk di bursa Pilwali Surabaya 2020. Untuk itu kita tunggu saja dinamika politik di Kota Surabaya yang terus berkembang.

Masyarakat Surabaya sendiri pada hakekatnya sudah melek dan matang dalam berdemokrasi. Warga kota ini pasti menjunjung tinggi figur atau track record calon pemimpinnya, dan bukan lagi melihat partai pengusungnya.

Optimisme akan ada penerus tongkat estafet yang lebih baik lagi dari Tri Risma Harini, yang siap jadi Walikota Surabaya 2020-2025. Tetap semangat, salam satu hati, guyub rukun selalu. (Revaldo Pratama – DPW SAMAA Jatim)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *