Nasim Khan : Revitalisi PG Asembagus, Solusi kurangi Import Gula

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima com – Komisi VI DPR RI secara khusus melakukan kunjungan kerja (Kunker) spesifik ke PTPN XI PG Asembagus meninjau secara langsung proyek revitalisasi pabrik gula untuk meningkatkan kapasitas produksi dari 3000 tcd menjadi 6000 tcd. Rabu (6/01/2019).

Proyek Revitalisasi PG Asembagus yang didanai oleh APBN melalui program Penyertaan Modal Negara (PNM) sebesar Rp 250 miliar. Kini sudah hampir rampung dan sudah berjalan 90% untuk maksimalkan produksi PG Asembagus kedepan.

,”Komisi VI dan saya sendiri sebagai putra daerah sejak awal menolak rencana penutupan empat pabrik gula di Situbondo, karena akan sangat merugikan bagi petani tebu di daerah Situbondo,”Ujar perwakilan rombongan Anggota DPR RI ir.. M. Nasim Khan.

Menurut Politisi dari Fraksi PKB asal Situbondo Tersebut Revitalisasi pabrik gula jauh lebih Murah daripada membangun pabrik baru, bahkan dengan Revitalisasi dinilai bisa mengurangi angka impor gula.

“Dengan adanya revitalisasi ini, bisa mengurangi impor gula dan harga bisa ditekan, kami akui pembangunan Revitalisasi PG Asembagus sendiri molor dari jadwal karena faktor Barang atau alat yang harus import serta pengaruh dolar, namun hasil pantauan kami Komisi VI dalam kunker kali ini pembangunan berjalan lancar,”Papar Nasim.

Komisi VI berharap april 2019 PG Asembagus sudah bisa melakukan uji coba sehingga bulan juni mendatang sudah bisa beroperasi atau giling, menurutnya jika penggilingan tebu terganggu. maka penghasilan para petaninya pasti ikut terganggu.

“Banyak spekulasi yang berkembang di petani tebu akibat keterlambatan giling, keterlambatan tersebut dikarenakan pengiriman alat – alat dari luar negeri tersendat akibat beberapa faktor, Mari bersama – sama mendo’akan agar PG Asembagus secepatnya bisa segera beroperasi untuk kesejahteraan petani tebu Situbondo,”lanjutnya.

Lebih lanjut menurut Pria yang biasa dipanggil Bang Nasim, peningkatan kinerja PG terutama yang ada di bawah naungan PT Perkebunan Nusantara XI harus terus digenjot dan harus diimbangi dengan peningkatkan sisi budidaya tebu (on farm) atau peningkatan pengolahan tebu di pabrik (off farm).

“Situbondo memiliki kualitas Gula terbaik, nantinya Peningkatan kapasitas setelah selesai revitalisasi PG Asembagus akan mampu memproduksi gula mencapai 6000 ton perhari (tonnes of cane perday/TCD) dari yang semula hanya 3000 TCD. Sehingga denagn peningkatan kapasitas tersebut petani tebu Situbondo akan semakin sejahtera,”Pungkas Nasim.

Hadir dalam rombongan kunker komisi VI DPR RI tersebut, Hambra Deputi Bidang infrastruktur Bisnis Kementrian BUMN dan disambut oleh jajaran Pimpinan PTPN XI, Ahmad Haslan Direktur Operasional Holding, Direktur utama Gede Melvera, Direktur komersial Aucipto Prayitno, kepala divisi Revitalisasi Bambang Tri Anggoro dan General Manager PG Asembagus Danang Kisworo. (Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *