OJK Jatim Edukasi Keuangan Syariah Ratusan Muslimat

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 4 Jawa Timur gelar acara Diseminasi Buku Pintar Keuangan Syariah di Hotel JW Marriot Surabaya, Senin (17/12/2018). Ini dilakukan dalam rangka edukasi keuangan syariah.

Kegiatan ini dihadiri ratusan Muslimat NU Jawa Timur, Aisyiyah Jawa Timur, Muslimat Hidayatullah Jawa Timur, dan Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur.

Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur, Heru Cahyono, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk edukasi keuangan syariah yang rutin tiap tahun digelar OJK.

“Tujuan utama acara ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya para muslimah, mengenai konsep bisnis dan keuangan syariah serta implementasinya dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, sehingga masyarakat dapat menerapkan prinsip syariah secara kaffah,” kata Heru.

Ia menjelaskan, share aset perbankan syariah di Jawa Timur pada posisi Oktober 2018 sebesar 5,35%, masih lebih rendah dibandingkan share nasional yang mencapai sebesar 5,78%.

Pada posisi yang sama, lanjut Heru, total pembiayaan yang disalurkan oleh Perbankan Syariah di Jawa Timur telah mencapai Rp27,5 triliun, tumbuh 13,05% (yoy), dengan share terhadap total kredit perbankan di Jawa Timur mencapai sebesar 5,79%.

Dia juga menyebutkan, total dana masyarakat yang dikelola perbankan syariah mencapai Rp28,5 triliun, tumbuh 13,95% (yoy) dengan share terhadap total seluruh dana simpanan masyarakat di Jawa Timur mencapai sebesar 5,20%.

“Data tersebut menunjukkan bahwa keuangan syariah di Jawa Timur masih memiliki potensi yang sangat besar untuk terus dikembangkan, terutama didukung fakta bahwa jumlah penduduk muslim di Jawa Timur yang mencapai 97% dari total penduduk Jatim,” ujarnya.

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan buku Pintar Keuangan Syariah kepada Hj.Nina Soekarwo selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur. (Ganefo)

Teks Foto: Para pejabat OJK Regional 4 Jatim bersama ratusan muslimat di acara edukasi keuangan syariah di Hotel JW Marriot Surabaya, Senin (17/12/2018)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *