Ombak Besar Selama 3 Jam, Belasan Rumah Dan Perahu Nelayan Situbondo Hancur.

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com – Belasan bangunan semi permanen roboh dan belasan perahu rusak parah, setelah ombak setinggi 3 meter disertai angin kencang menerjang tiga pemukiman nelayan sepanjang pantai utara Situbondo Jawa timur kamis malam (12/01).

Dari data resmi Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di wilayah pesisir Kecamatan besuki terdapat 9 Rumah Rusak Dengan Rincian 5 Rumah Rusak Berat Dan 4 Rumah Rusak Ringan, 10 Perahu Rusak Total dan sekitat 75 Meter Plengsengan Ambruk terkena terjangan gelombang yang mencapai tiga meter lebih disertai angin kencang yang terjadi hanya sekitar 3 jam tersebut.

“Yang terparah memang Wilayah kecamatan besuki, Sementara yang daerah pasisir lain data belum masuk kekita (BPBD red ) petugas masih di lapangan,” Ujar kepala pelaksana BPBD Drs. Taufik Hidayat, M.Si.

Kebanyakan yang terdampak dari ombak tersebut adalah rumah yang ada berdiri persis di bibir pantai. Dusun Mandaran Rt. 04 Rw. 01 :3 Rumah Rusak Berat, 4 Rumah Rusak Ringa 7 Perahu Nelayan Rusak Total, Dusun Gudang Rt. 02 Rw. 02, Tangkis Plengsengan Ambruk 75 Meter , Dusun Lesenan Lor Rt. 01 Rw. 01, 2 Rumah Rusak Berat dan Dusun Mandaran Rt. 03 Rw. 01, 1 Perahu Praningan Kreket Rusak Total kesemuanya dari Desa pesisir Kecamatan Besuki Situbondo.

“Meskipun tidak ada korban jiwa, namun amukan gelombang membuat belasan rumah roboh hingga kerugian materi cukup parah bagi nelayan, warga tidak mengungsi dan memilih waspada serta berharap nanti malam tidak ada angin dan ombak besar lagi,”jelas Taufik.

Selain Wilayah kecamatan besuki informasi yang berhasil di himpun oleh beritalima.com Ombak ganas disertai angin kencang mulai menerjang sekitar pukul 20.25 WIB dan reda sekitar pukul 23.30 WIB. sekitar 10 dapur warga roboh di desa Blitok Kecamatan bungatan, dan di desa Kilensari Panarukan 2 perahu sempat terbawa ombak namun berhasil dievakuasi oleh warga.

“Angin kencang datang tiba – tiba, Kami hanya pasrah melihat dapur saya roboh, karena tidak ada yang bisa kami lakukan, kami berterima kasih karena koramil Bungatan melakukan kerja bakti, membersihkan puing – puing serta membantu pembangunan kembali,”Ucap Rahmad Warga Desa Blitok.(JOE).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *