Organisatoris ini, Juara Lomba Baca Berita Tiga Bahasa

  • Whatsapp

Citizen Reporter
Laporan: Ana Fitriana
Mahasiswa KPI UIN Alauddin Makassar

Profil mahasiswa berprestasi kali ini adalah Yaumilkhairiyyah. Mahasiswa semester 2 UIN Alauddin Makassar, jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).

Prestasi yang telah diraih adalah juara 1 lomba baca berita 3 bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab) diselenggarakan oleh Ma’haj Al-jamiah UIN Alauddin Makassar. Lomba ini diikuti oleh mahasiwa UINAM yang berstatus sebagai mahasiswa semester 2 dan 4.

Yaumilkhairiyyah atau sapaan akrabnya Umi, lahir di Watampone. Tepatnya Kading, 19 Januari 1999. Anak bungsu dari 4 bersaudara. Keturunan dari pasangan H. Mandu, T dan Dra.Hjsu’aidah
Ia menyelesaikan pendidikan di SD. Inpres 3/77 Watu 2010. Kemudian masuk di SMP Negeri 2 Barebbo. Tahun 2016, menyelesaikan SMA Negeri 2 Model Watampone, berubah jadi SMA 3 Watampone.

Umi tidak terlalu berharap dapat menjuarai lomba ini, karena kemampuannya dalam bahasa Arab, masih sangat minim, ditambah ia harus membaca berita dengan fasih.

Akan teteapi,ia memiliki motivasi dan rasa percaya diri yang tinggi. Menurutnya, ia hanya ingin mencari pengalaman saja ,agar dia bias membanggakan kedua orang tuanya.

Dia memang sering mengikuti perlombaan sebelumnya, seperti pernah juara 3 lomba debat pendidikan remaja sebaya tingkat Sul-sel di SMA Negeri 10 Makassar, juara 2 lomba debat kepalangmerahan tingkat Sulsel-bar di UNHAS ,dia juga pernah mewakili Kab.Bone untuk mengikuti Jumbara di Pangkep.

Mahasiswa ini, aktif berorganisasi sejak SMA, pernah menjabat sebagai ketua PMR (Palang Merah Remaja) ,sebagai kordinator divisi keagamaan di OSIS, sebagai bendahara di KPWTB( Keluarga Pelajar Wija To Bone). Bahkan dia juga aktif dalam organisasi ROHIS (Rohani Islam) di sekolahnya.

Hal inilah yang membuatnya tidak terlalu gugup dalam membaca berita di depan para juri yaitu dosen-dosen dari UIN Alauddin itu sendiri.”Semakin kita sering tampil di depan umum,semakin meningkatkan rasa percaya diri kita”. Ungkap mahasiwa ini.

Keaktifannya dalam berorganisasi, kembali ia terapkan di masa perkuliahan sekarang. Dia mengikuti organisasi LDK AL-Jami(Lembaga Dakwah Kampus).

GRAPIK (Gerakan Pemuda Intelektual Kolektif) yang bergerak di bidang kepenulisan, dan rencana dia juga akan mengikuti organisasi TEXTURE yang bergerak di bidang fotografer dan desain komunikasi visual, yang sangat terkait dengan jurusannya,Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Kecintaanya terhadap organisasi, tidak mengganggu prestasinya selama kuliah. Ia mendapatkan IP 3,90 pada semester 1. Ia berharap agar bias mmepertahankan dan meningkatkan prestasinya selama ini dan mengembangkan sayapnya di tingkat nasional maupun tingkatin ternasional.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *