Pelindo III Manjakan Ribuan Pemudik Gratis

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Lebih dari 4.593 penumpang kapal laut KM Labobar tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Minggu (18/6/2017). Mereka disambut jajaran manajemen PT Pelindo III, dan diminta memanfaatkan program Mudik Gratis.

Program ini merupakan wujud sinergi BUMN yang diinisiasi oleh Pelindo III dengan menggandeng BUMN lain, penyedia moda transportasi darat.

“Hari ini kami menyiapkan sebelas unit bus di halaman Gapura Surya Nusantara (GSN) yang diperuntukkan bagi para peserta mudik gratis,” kata Faruq Hidayat, Sekretaris Perusahaan Pelindo III.

Sebelas bus itu akan mengantarkan penumpang ke 15 kota di Jawa Timur dan satu kota di Jawa Tengah dengan destinasi akhir, yaitu Jember, Madiun, Trenggalek, Blitar dan Cepu.

Kedatangan KM Labobar di Pelabuhan Tanjung Perak merupakan kedatangan kedua dari armada kapal PT Pelni yang termasuk dalam program Mudik Gratis. KM Labobar bertolak dari Pelabuhan Balikpapan dan menempuh perjalanan kurang lebih 25 jam menuju Surabaya.

Sebelumnya, KM Ciremai telah tiba di Pelabuhan Tanjung Perak pada Sabtu (17/6/2017) pukul 21.30 WIB dari Pelabuhan Tanjung Priok.

“Selaniutnya akan ada 6 kunjungan lainnya secara berturut-turut sampai dengan tanggai 23 Juni,“ kata Bambang Hasbullah, Senior Manager Pelayanan Kapal dan Terminal Pelindo III.

Program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Pelindo III ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik sejak dari pelabuhan sampai di kota tujuan.

Setidaknya para pemudik tidak perlu berjalan jauh menuju terminal bus sambil menenteng atau memanggul bawaan mereka. Lagi pula para pemudik akan dimanjakan dengan sejumlah fasilitas di dalam bus seperti pendingin ruang, kursi reklining dan makanan ringan.

“Pelindo III juga menanggung biaya asuransi para pemudik sebagai bentuk perlindungan selama perjalanan,” kata Widyaswendra, Kepala Humas Pelindo III.

Dalam hal pelayanan penumpang, Pelindo III memastikan kesiapan sarana dan prasarana di terminal penumpang GSN, mulai dari gerbang keberangkatan sampai dengan kenyamanan ruang tunggu.

Selain itu, dukungan dua unit garbarata akan memudahkan penumpang difabel maupun lansia dalam mengakses kapal laut maupun gedung terminal penumpang.

Pun demikian posko kesehatan yang turut disiagakan dengan tenaga medis berasal dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Rumah Sakit PHC Surabaya.

Kendati belum mencakup seluruh kota/kabupaten di Jawa Timur, program mudik gratis diharapkan mampu menjadi solusi dalam ihwal integrasi moda transportasi selama masa liburan hari raya Lebaran. Oleh karena itu, pelaksanaannya terus dievaluasi.

“Tahun ini kami menambah satu bus untuk keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak dan berimbas pada kenaikan jumlah trip-nya,“ papar Bambang Hasbullah.

Pelaksanaan program mudik gratis Pelindo III di Pelabuhan Tanjung Perak akan berlangsung mulai tanggal 17 Juni sampai dengan 23 Juni 2017.

Ada lima rute yang telah dipersiapkan. Rute 1 sebanyak 21 trip dengan kota tujuan Pasuruan – Probolinggo -Lumajang – Jember. Rute 2 sebanyak 21 trip dengan kota tujuan Mojokerto -Jombang – Nganjuk – Madiun.

Rute 3 sebanyak 14 trip dengan kota tujuan Kediri – Tulungagung -Trenggalek. Rute 4 sebanyak 14 trip dengan kota tujuan Lamongan -Bojonegoro – Cepu. Dan Rute 5 sebanyak 7 trip dengan tujuan Blitar.

Diperkirakan jumlah pemudik yang mengikuti program mudik gratis Pelindo III sekitar 3.696 orang. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *