PAAI Sosialisasikan Pentingnya Agen Asuransi Miliki Kompetensi

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) terus mendorong kompetensi dan profesionalisme agen asuransi, sehingga pesan penting tentang asuransi sebagai proteksi finansial masa datang dapat tersosialisasikan dan diterima dengan baik di masyarakat.

Ketua PAAI Lucia Wenny mengatakan, sejak berdiri tahun 2016 PAAI terus menggelar berbagai program dalam mencerdaskan para agen asuransi untuk lebih profesional. “Akan datang PAAI akan membuka kelas khusus yang diisi oleh team training yang merupakan para praktisi berpengalaman,” kata Wenny di Surabaya, Selasa (29/3/2022).

Mengingat pentingnya asuransi dan besarnya manfaat yang diberikan, Wenny berharap semakin banyak agen yang akan bergabung dalam wadah PAAI. Sehingga secara bersama-sama berjuang dengan ritme yang sama dalam meningkatkan sumbangsih dan partisipasi industri asuransi dalam membangun perekonomian.

Duta PAAI Dr. Ivan mengatakan, PAAI juga berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat Indonesia bahwa proteksi itu penting. Terlebih dalam kondisi pandemi saat ini, memiliki asuransi menjadi sebuah kebutuhan karena asuransi dapat memproteksi risiko kehidupan nasabah di masa depan.

Agen asuransi sangat diharapkan menjalankan profesinya secara profesional, bukan hanya sekedar menjual. Hal ini dipertegas oleh praktisi akademisi dan Financial Educator, Ita Guntari, MM, CFP®.
Definisi Profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dan sebagainya) tertentu.

Asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan/transfer risiko dari satu pihak ke pihak lain, dalam hal ini adalah perusahaan asuransi, ungkap Ita Guntari yang juga membahas sekilas mengenai ‘Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan Investasi’ yang selanjutnya disebut PAYDI atau yang selama ini dikenal dengan unit-link.

Pada dasarnya PAYDI itu mencakup dua hal, yaitu melindungi terhadap risiko kematian sebagaimana fungsi produk asuransi dan produk ini juga dikaitkan dengan investasi. Investasi itu selalu mengandung risiko. Produk ini memang tidak sederhana, oleh karena itu penjualnya harus memiliki pengetahuan yang memadai tentang produk tersebut. Penjual harus memahami fungsi dari asuransi dan harus memahami juga bagaimana seluk beluk investasi.

Ita Guntari juga mengungkapkan bahwa yang perlu disampaikan seorang agen asuransi saat merekomendasikan produk asuransi, khususnya PAYDI adalah dengan menjelaskan manfaat produk sebaik-baiknya termasuk risiko investasi yang dihadapi nasabah dan produk tersebut harus benar-benar sesuai yang dibutuhkan nasabah dalam mencapai tujuan keuangannya.

Edukasi kepada nasabah sangatlah penting dilakukan dan itu hanya bisa dilakukan oleh seorang agen asuransi yang memiliki pengetahuan yang memadai, sudah teruji, berpengalaman serta menjunjung tinggi etika profesi.

Pengalaman menggunakan asuransi diungkapkan oleh Bayu Wira yang pada tahun 2013 membeli asuransi kesehatan. Kebetulan salah satu produk yang dimiliki adalah asuransi unit-link dan Bayu juga tidak menyangka bila tahun 2017 mengalami sakit, dan harus melakukan tindakan operasi yang memerlukan biaya cukup besar.

Pada saat itu Bayu benar-benar merasakan manfaatnya asuransi yang mana proses klaim begitu mudah dan cepat saat dirawat di Malaysia. “Tidak terbayangkan apabila kita harus merasakan sakit dan harus membayar sendiri biaya perawatan yang sangat besar.

Bayu bersyukur ditangani oleh agen yang sangat responsif dan tanggap. Klaim inipun sekaligus membuktikan manfaat asuransi unit-link yang dimilikinya.

Pengalaman ini diharapkan bisa memberikan wawasan kepada masyarakat luas akan pentingnya memiliki asuransi. Perlu diingat bahwa investasi di asuransi itu bukanlah merupakan bagian utama dari asuransi. “Saran saya buat masyarakat, lebih baik kita paksakan diri bayar uang kecil sekarang daripada nanti kita dipaksa oleh rumah sakit bayar uang besar,” kata Bayu. (Gan)

Teks Foto: Ketua PAAI Lucia Wenny (dua dari kiri) bersama jajaran pengurus PAAI lainnya saat di Surabaya, Selasa (29/3/2022)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait