Paguyuban Jawa Kristiani NTT Gelar Syukuran Natal dan Tahun Baru

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Paguyuban Jawa Kristiani (PJK) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama Kontak Kerukunan Sosial (K2S) Keluarga Jawa Kota Kupang menggelar syukuran Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Syukuran Natal dan Tahun Baru kali ini dilaksanakan di Aula Gedung El Tari Kupang, Sabtu (13/1/2023).

Dalam acara syukuran tersebut, hadir Penjabat Wali Kota Kupang Fahrensy Funay, Danlanud El Tari Kupang, Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, Danrem 161/Wirasakti Kupang, yang diwakili oleh Pabintal Kapten Inf. Nerson Baitanu, Dandim 1604/Kupang, Kolonel Inf. Wiwit Jalu Wibowo, Kapolsek Kelapa Lima, AKP Jemmy Noke, tokoh masyarakat, Esthon Foenay, Ketua K2S Keluarga Jawa Kota Kupang, dr. Muhammad Ikhsan.

Mengawali sambutannya Pj. Wali Kota atas nama pribadi, keluarga dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Kupang menyampaikan Selamat Hari Natal 25 Desember 2023 dan Tahun Baru 2024.

Penjabat Wali Kota berharap perayaan Natal ini membawa kesan tersendiri khususnya bagi PJK NTT dan K2S Keluarga Jawa Kota Kupang untuk memperbaharui semangat dan pengharapan dalam merefleksikan kasih dalam kehidupan sehari–hari, serta mampu membangun semangat kebersamaan dan toleransi di antara berbagai etnis budaya dan agama di Kota Kupang.

Fahren menambahkan agar dalam menghadapi tahun yang baru, hendaknya dalam kasih mampu mewujudkan apa yang menjadi tema perayaan Natal kali ini yakni “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” yang sejalan dengan moto K2S Keluarga Jawa Kota Kupang yaitu ”Guyub Rukun Agawe Santoso” yang memiliki arti hidup rukun membuat kuat dan sentosa.

Selanjutnya Pj. Wali Kota memberikan apresiasi dan terima kasih kepada PJK NTT dan K2S Keluarga Jawa Kota Kupang atas partisipasi dan kolaborasi bersama pemerintah dalam membangun Kota Kupang.

Ia juga mengajak untuk ikut menyukseskan beberapa agenda penting pemerintah antara lain menekan angka inflasi, menurunkan angka gizi buruk atau balita stunting serta penanganan dan pengolahan sampah yang baik demi mewujudkan Kota Kupang yang bersih dan nyaman.

Apresiasi juga diberikan kepada K2S Kota Kupang dan PJK NTT yang telah berpartisipasi pada acara malam puji-pujian Natal yang berlangsung pada tanggal 23 Desember 2023 lalu.

Hal yang menjadi istimewa adalah karena pada malam puji-pujian tersebut menampilkan pagelaran seni dan budaya yang dipersembahkan oleh saudara-saudari kita dari K2S Keluarga Jawa Kota Kupang. Ini menjadi bukti bahwa toleransi dan kerukunan hidup masyarakat di Kota Kupang sudah terawat dan terpelihara dengan baik. Terus jaga toleransi dan kerukunan hidup di Kota Kupang yang beragam agar menjadi contoh dan inspirasi bagi daerah lainnya di Indonesia.

Sementara itu Ketua K2S Keluarga Jawa Kota Kupang, dr. Muhammad Ikhsan, dalam sambutannya mengatakan kegiatan keagamaan tersebut merupakan agenda rutin K2S Kota Kupang pada setiap hari raya keagamaan. Menurutnya ini merupakan suatu perwujudan Ukhuwah yakni Ukhuwah Insaniyah dan Ukhuwah Wathaniyah yang menyatukan perbedaan manusia sebagai makhluk sosial serta bersatu dalam persaudaraan.

Dijelaskannya di K2S Kota Kupang dipersaudarakan dan terdapat multi agama dengan tidak membedakan satu sama lain. Perbedaan pasti ada dalam setiap kehidupan, namun Ukhuwah dan persaudaraan inilah yang menjadikan satu dalam perbedaan.

Oleh karena itu menurutnya tidak ada alasan untuk saling bermusuhan, khususnya di K2S Kota Kupang, karena persaudaraan harus saling mengerti dan menolong satu sama lain. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi K2S Kota Kupang karena selama ini telah membaur dengan berbagai etnis, suku dan agama yang ada di Kota Kupang. (*/L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com

Pos terkait