Pakde Karwo : “Jawa Timur Bersyukur Punya Ponpes Sehebat Gontor”

  • Whatsapp
Gubernur Prov Jatim dan Presiden RI 1 Serta Pejabat Setempat Melakukan Prosesi Foto Bersama Dalam Acara Silaturrahim Resepsi Syukuran Peringatan Ke-90 Th Pondok Modern Darusallam Gontor Kab Ponorogo

Jawa Timur bersyukur memiliki Pondok Pesantren bertaraf internasional seperti Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Kabupaten Ponorogo. Pasalnya, Gontor telah memberikan sumbangsih luar biasa bagi Jatim serta bangsa ini melalui lulusan-lulusannya yang menjadi tokoh besar dengan pemikiran visioner bagi kemajuan islam di Indonesia dan dunia.

“Terima kasih ada Ponpes sehebat Gontor di Jatim. Lewat pendidikannya yang hebat dan menjadi rujukan dunia, lahirlah generasi-generasi yang hebat secara intelektual, berakhlak, dan visioner yang menjadikan bangsa ini maju. Gontor juga ikut menjadikan Jatim aman, nyaman, religius, dan tenteram lewat dakwah yang menyejukkan”

Pujian itu disampaikan Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo saat Silaturrahim Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dalam rangka Resepsi Kesyukuran Peringatan 90 Tahun PMDG PMDG Kabupaten Ponorogo, Senin (19/9).

Pakde Karwo sapaan Gubernur jatim mengatakan, keberadaan PMDG telah memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan pendidikan islam, tidak hanya di Jatim tapi juga secara nasional. Gontor menjadi rujukan dunia tentang pemikiran islam secara modern dan visioner. Dengan demikian, Gontor bukan sekedar milik Jatim dan Indonesia saja, tapi sudah menjadi milik dunia.

“Lulusan-lulusan Gontor Banyak pemikiran-pemikiran intelektual besar terhadap kemajuan islam dunia berasal dari Gontor. Pemikiran-pemikiran intelektual seperti pergerakan islam di Jatim salah satu penggeraknya berawal dari Gontor. Gontor memang luar biasa, banyak lulusannya menjadi tokoh-tokoh cerdik dan cendekiawan nasional” katanya.

Senada dengan Pakde Karwo, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo juga memuji PMDG, menurutnya Gontor bukan hanya milik nasional, tapi sudah menjadi milik seluruh dunia. “Tadi Pakde Karwo menyampaikan, terima kasih ada Gontor di Jatim. Saya tak mau kalah, saya mengucapkan terima kasih karena Indonesia punya Ponpes sehebat Gontor” pujinya yang disambut tepuk tangan hadirin.

Salah satu yang membuat Jokowi, sapaan akrab Presiden terkesan adalah ketika turun di helipad lapangan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor dan disambut meriah oleh para pejabat kampus, dosen, mahasiswa, dan unsur civitas akademika.

“Saat saya turun dari helikopter, saya kira turun di Ponpesnya, ternyata bukan, saya mendarat di Universitasnya. UNIDA yang besar kampusnya. Dan saat saya bersalaman dengan mahasiswanya, saya tanya, asalnya dari mana? Ternyata mereka berasal dari Sabang sampai Merauka, juga ada mahasiswa dari Thailand, Amerika, dan lainnya. Ini bukti bahwa Gontor bukan hanya milik nasional, tapi milik dunia” pujinya.

Jokowi juga sependapat dengan Pakde Karwo bahwa alumni-alumni PMDG telah menjadi tokoh-tokoh penting di Indonesia. Ada yang menjadi Ketua MPR, Zulkifli Hasan, pimpinan DPD, dan di eksekutif juga banyak seperti Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin yang juga alumnus Pondok Gontor. “Artinya dari sisi komepetensi, Gontor sudah membuktikan bahwa lulusannya bisa bersaing” katanya.

Jokowi melanjutkan, PMDG telah banyak berkontribusi dalam membangun bangsa ini. Mulai era kebangkitan nasional, perjuangan kemerdekaan, era pembangunan, era reformasi, sampai sekarang. “Terima kasih atas sumbangan pemikiran, pendidikan, dan yang terpenting, nilai-nilai ke-Indonesiaan yang sejati” tuturnya.

Menurut Jokowi, PMDG telah memberikan warisan yang baik dan terpenting bagi generasi penerus bangsa ini. Yakni nilai-nilai yang mengandung jati diri bangsa, karakter, budi pekerti, sopan santun, nilai kerja keras, nilai optimisme, nilai-nilai islami.

“Nilai-nilai itulah yang paling penting saat ini, dan nilai-nilai itu diestafetkan oleh Gontor kepada generasi penerus. Saya minta ini dipertahankan, dijaga, dan ditingkatkan Percuma jika kita punya banyak potensi Sumber Daya Alam yang besar, kita punya gas, laut, minyak yang potensi besar tapi tanpa sumber daya manusia yang baik, tanpa sumber daya manusia yang berakhlak baik, akan sulit berkompetisi negara lain” pungkasnya.

Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Hasan Abdullah Sahal menyampaikan semua Presiden Republik Indonesia sebelumnya pernah datang ke Pondok Modern Darussalam Gontor. Namun, Presiden Jokowi disebutkan berbeda dengan Presiden sebelumnya, karena mengajak serta istrinya yaitu Ibu Negara Iriana Jokowi dalam kunjungannya ke Pondok Modern Darussalam Gontor kali ini.

Hasan optimis, kedatangan Presiden Jokowi dapat memotivasi santrinya menjadi presiden. Pasalnya, semenjak berdiri hingga sekarang, Pondok Gontor telah melahirkan pemimpin-pemimpin dan tokoh nasional.

“Sejak Pondok Gontor berdiri, jajarannya selalu mendidik santri untuk anti-penjajahan. Untuk itulah pengasuh PMDG selalu menularkan nilai-nilai perjuangan kepada santri-santrinya. “Banyak orang mewarisi tetapi tidak mengestafetkan agar sebelum patah bisa sudah tumbuh. Pondok Gontor akan selalu berada di depan menegakkan pilar-pilar bangsa” katanya.

Seusai Presiden Jokowi menyampaikan sambutannya, acara Resepsi Kesyukuran 90 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor itu diakhiri dengan peletakan batu pertama pembangunan baru Masjid Jami’ Pondok Modern Darussalam Gontor oleh Presiden Jokowi.

Tampak hadir mendampingi Presiden Jokowi pada kesempatan itu antara lain Menko PMK Puan Maharani, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua MPR Zulkfli Hasan, Wakil Ketua MPR, dan Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni, Istri Gubernur Jatim, Dra. Hj. Nina Kirana Soekarwo, M.Si.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *