Gubernur Dampingi Jokowi Bagikan PMT di Jambon Ponorogo

  • Whatsapp
Gubernur-Prov-Jatim-Mendampingi-Presiden-RI-1-Dalam-Acara-Silaturrahim-Resepsi-Syukuran-Peringatan-Ke-90-Th-Pondok-Modern-Darusallam-Gontor-Kab-Ponorogo

Seusai melakukan kunjungan ke PMDG, Gubernur Jatim, Pakde Karwo mendampingi Presiden RI, Jokowi dan rombongan untuk membagikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada ibu hamil, balita, dan anak-anak sekolah di di Lapangan SDN 3 Karangpatihan, Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo serta dilanjutkan ke lapangan kantor Kecamatan Jambon, Desa Jambon, Kab. Ponorogo.

PMT Balita merupakan pemberian suplemasi gizi untuk melengkapi kebutuhan gizi agar mencapai berat badan sesuai usia. Tiap 100 gram PMT mengandung 450 kalori, 14 gram lemak, 9 gram protein, dan 71 gram karbohidrat. PMT Balita mengandung 10 vitamin (vitamin A, B1, B2, B3, B6, D, E, K, dan asam folat) dan 7 mineral (besi, zink, fosfor, selenium, dan kalsium). Setiap bungkus PMT Balita terdiri dari 12 keping biskuit atau 540 kalori (45 kalori per biskuit).

“ Untuk ibu-ibu hamil diharapkan untuk makan biskuit pada triwulan pertama hanya dua keping per hari. Sedangkan pada triwulan kdua dan ketiga, ibu-ibu hamil bisa memakan biskuit tiga keping per hari. Kita harapkan nantinya anak yang lahir normal, sehat dan pintar semua,” ujar Presiden RI Jokowi.

Untuk balita usia 6-11 bulan diberikan 8 keping biskuit per hari. Untuk balita usia 12 bulan-5 tahun diberikan sebanyak 12 keping per hari atau setara dengan 30 bungkus PMT Balita. Pemberian makanan tambahan balita ini dihentikan apabila berat badan telah sesuai. Selanjutnya balita diberikan konsumsi makanan keluarga gizi seimbang.

PMT anak sekolah (PMT-AS) diberikan untuk melengkapi kebutuhan gizi anak usia sekolah dasar. Setiap sajian (10 keping atau 60 gram) PMT-AS mengandung 300 kalori, 40 gram karbohidrat, 6 gram protein, dan 13 gram lemak, serta 10 vitamin (A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, dan E), 8 mineral (Asam folat, besi, selenium, kalsium, natrium, zink, iodium, dan fosfor).

Ketentuan pemberian PMT-AS diberikan 6 keping per hari untuk mencukupi kebutuhan makanan tambahan anak usia sekolah dasar, yaitu 180 kalori per hari. Bila berat badan telah mencapai sesuai perhitungan berat badan sesuai umur, maka pemberian PMT-AS dihentikan dan dilanjutkan konsumsi makanan keluarga gizi seimbang.

Pemberian PMT ibu hamil diberikan hingga ibu hamil tidak lagi berada dalam kategori kurang energi kronis (KEK) sesuai dengan pemeriksaan lingkar lengan atas (LILA). Apabila berat badan sesuai dengan standar, maka dilanjutkan dengan mengonsumsi makanan keluarga gizi seimbang. (**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *