Pakde Karwo Terima Penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award 2018

  • Whatsapp
Dr Soekarwo, menerima penghargaan IAA 2018 kategori provinsi pelayanan publik predikat platinum yang diberikan oleh Mendagri

JAKARTA, beritalima.com – Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo menerima penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award (IAA) 2018. Penghargaan ini diraih Pakde Karwo, sapaan lekatnya, karena Provinsi Jawa Timur dinobatkan sebagai provinsi terbaik di bidang pelayanan publik dengan peringkat platinum.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo yang didampingi Direktur Utama PT. Tempo Inti Media Tbk, Toriq Hadad dan CEO Frontier Consulting Group, Handi Irawan, saat malam penganugerahan IAA 2018 di Hotel JW Marriot Jakarta, Jum’at (14/9) malam.

Menjawab pertanyaan wartawan usai menerima penghargaan ini, Pakde Karwo mengatakan bila suatu pemerintahan ingin meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, syaratnya adalah dengan memberikan pelayanan publik yang baik. Proses ini diukur dari tiga hal, yakni biayanya murah, waktu pelayanannya cepat dan syaratnya sederhana.

“Selain syarat tadi, yang juga tidak kalah penting adalah semua harus transparan dan terukur,” katanya.
Pemprov Jawa Timur, lanjutnya, terus mendorong peningkatan pelayanan publik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melakukan reformasi birokrasi. Secara empirik reformasi birokrasi ini bisa dilakukan dengan syarat regulasi yang ada harus melayani masyarakat atau melakukan re-regulasi, yakni merubah regulasi yang menghambat menjadi regulasi yang melayani. Syarat lainnya adalah kepemimpinan atau leadership, serta didukung dengan sistem teknologi informasi atau IT.
“Kami juga melibatkan media sebagai tim pengawasan. Ini pilar keempat dalam demokrasi diletakkan disini,” katanya.

Selain media, lanjut Pakde Karwo, masyarakat juga dilibatkan dalam pengawasan dan perumusan kebijakan, atau yang biasa disebut dengan partisipatoris. “Semua proses ini sudah dilakukan secara terukur, jadi bila ada kasus pungli seperti kemarin itu bukan masalah sistem, tapi soal integritas,” katanya.

Kemudahan pelayanan publik di Jatim, lanjutnya, membawa provinsi ini meraih berbagai penghargaan. Salah satunya dari Asia Competitiveness Institute (ACI) pada tahun 2017 yang menobatkan Jatim sebagai provinsi dengan tingkat kemudahan berbisnis nomor satu di Indonesia. Hasil ini berdasarkan tiga kategori penilaian yakni daya tarik investor, keramahan bisnis, dan kebijakan yang kompetitif.

Ditambahkannya, untuk meningkatkan pelayanan publik di Jatim ini, Pakde Karwo terus meningkatkan kapasitas SDM. Proses pembibitan SDM ini dilakukan sejak awal kepada anak-anak muda yang ada di Pemprov Jatim.

“Karena anak-anak muda ini masih memiliki pikiran jernih dan inovatif, dari awal saya memimpin, saya terus mendorong mereka untuk maju salah satunya dengan meraih gelar doktor,” jelas orang nomor satu di Jatim ini.

Mendagri Apresiasi IAA 2018

Sementara itu dalam sambutannya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengapresiasi kegiatan IAA 2018 ini karena tidak hanya memberikan gairah kepada para kepala daerah untuk berani mengambil keputusan, tapi juga berinovasi untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.
Menurutnya, momen ini strategis dalam membantu memajukan perkonomian dan daya saing masing-masing daerah. “Ini menjadi upaya untuk memajukan investasi yang nantinya akan meningkatkan perekonomian daerah,” katanya.

Untuk mendukung hal tersebut, lanjutnya, pemerintah daerah harus menyelesaikan hambatan dalam masalah perizinan, melakukan reformasi peraturan, menyiapkan pembiayaan dan sumber daya, serta penyederhanaan proses birokrasi.

“Mari kita saling meningkatkan kesadaran untuk menjadikan daerah sebagai daerah tujuan investasi, membangun strategi terarah, serta memberikan informasi kepada para investor untuk berinvestasi di daerah,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Mendagri juga mengapresiasi Pakde Karwo sebagai gubernur yang paling banyak menerima penghargaan selama dua periode memimpin Jawa Timur.

Empat Sektor
Sementara itu, Direktur Utama PT. Tempo Inti Media Tbk, Toriq Hadad mengatakan, acara yang sudah keempat kalinya ini diselenggarakan oleh Tempo Media Group bersama Frontier Consulting Group. IAA merupakan suatu penghargaan yang diberikan kepada daerah yang memiliki daya tarik di empat sektor, yakni investasi, infrastruktur, pelayanan publik dan pariwisata.

Untuk itu, ia mengucapkan selamat kepada para kepala daerah yang berhasil meraih penghargaan IAA ini, termasuk Jawa Timur. Menurutnya, Jatim selalu mendapat tempat tersendiri di nasional apalagi pilkada di Jatim kemarin berjalan dengan damai dan sukses.
“Selamat kepada para pemenang semoga apa yang kami lakukan dapat memacu untuk meningkatkan potensi daerah,” katanya.

Kab/Kota di Jatim Raih Penghargaan
Dalam kesempatan ini, empat kabupaten dan dua kota di Provinsi Jatim juga meraih penghargaan IAA 2018. Untuk kabupaten terbaik bidang infrastruktur diraih oleh Kab. Sidoarjo dengan peringkat platinum dan kabupaten terbaik bidang pelayanan publik diraih oleh Kab. Tuban dengan peringkat platinum. Sedangkan untuk kabupaten terbaik bidang investasi, diraih oleh Kab. Mojokerto dengan peringkat platinum dan Kab. Pasuruan dengan peringkat gold.

Selain kabupaten-kabupaten tersebut, beberapa kota di Provinsi Jatim juga meraih penghargaan ini. Untuk kota terbaik bidang infrastruktur diraih oleh Kota Surabaya dengan peringkat platinum dan Kota Malang dengan peringkat silver. Sementara itu untuk kota potensial bidang investasi diraih oleh Kota Malang dengan peringkat platinum. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *