Pamkab Touna Bersama Pengadilanan Agama Gelar Isbat Nikah

  • Whatsapp

AMPANA- – Bupati Tojo Una-Una bapak Mohammad Lahay, S.E., M.M membuka kegiatan Pelaksanaan Itsbat Nikah Kerjasama Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tojo Una Una, Pengadilan Agama Ampana, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Touna, bertempat di Ruang Auditorium, Jumat (2/12/2022).

Bupati Touna dalam sambutannya mengatakan bahwa Dasar dari perkawinan adalah Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan. Untuk diketahui bahwa dokumen perkawinan merupakan syarat mutlak bagi pasangan baik yang muslim maupun non muslim.

“Pelaksanaan Sidang Itsbat Nikah untuk yang kesekian kalinya di laksanakan ini merupakan wujud perhatian pemerintah daerah, sebagai upaya untuk mengakomodir tingginya jumlah pasangan suami istri yang belum memiliki akta nikah. Dan insya Allah akan tetap terlaksana di tahun-tahun mendatang, sehingga jumlah pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah/akta nikah tidak ada lagi di daerah ini,”kata Bupati.

Menurut Bupati, pelaksanaan kegiatan Itsbat Nikah ini merupakan wujud perhatian pemerintah daerah melalui kerjasama antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Pengadilan Agama Ampana dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tojo Una-Una, sebagai upaya untuk mengakomodir tingginya jumlah pasangan suami istri yang belum memiliki akta nikah dan akta perkawinan.

“Pada kesempatan ini, Bupati mengajak kepada masyarakat yang belum mendaftarkan diri untuk di Itsbat supaya sesegera mungkin melaporkannya kepada petugas terdekat atau pun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,”jelasnya.

Bupati juga berharap kepada Masyarakat Kabupaten Touna agar menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, pemerintah daerah melalui dinas terkait terus melakukan pelayanan gratis kepada masyarakat, baik itu pelayanan kependudukan, pelayanan kesehatan dan pelayanan-pelayanan lainnya. Itu semua di lakukan semata-mata untuk kepentingan dan untuk mensejahterakan Masyaraka Kabupaten Tojo Una-Una.”harapnya

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Tojo Una-Una Ilham Lawidu, S.H, Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una bapak Dr. Mahmud Lahay, S.E., M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Ibu Dr. Sovianur Kure, S.E., M.Si, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tojo Una-Una ibu Suriyani H. Talono, A.Pi., M.A.P, Unsur Forkopimda Kabupaten Tojo Una-Una, para Asisten dan Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tojo Una-Una bersama jajarannya, Ketua Pengadilan Agama Ampana bersama jajarannya, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan serta Undangan lainnya

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait