Pangamat ini Beri Apresiasi Vaksinasi Door to Door ala Jokowi dan Budi Gunawan

  • Whatsapp

Jakarta, Beritalima.com || Langkah Presiden Joko Widodo dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dalam menangani pandemi Covid-19 patut diapresiasi analis politik senior, Boni Hargens, menurutnya langkah tersebut perlu dicontoh karena kedua tokoh itu turun langsung ke tengah masyarakat dengan melakukan vaksinasi door to door.

“Di tengah pandemi yang mencekam, Presiden Jokowi dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan justru turun ke tengah masyarakat untuk melakukan program vaksinasi door to door,” terang Boni di Jakarta, Rabu (1/9/2021).

Boni menambahkan, patut diberi apresiasi kepada Presiden dan BIN dalam melakukan aksi sosial itu karena tidak hanya di DKI Jakarta, hampir semua kota besar di Pulau Jawa.

Menurut Boni, hal tersebut merupakan bukti komitmen moral dan political will yang kuat dan tulus dari Presiden Jokowi dan Kepala BIN untuk menolong warga.

“Ketika banyak suara oposisi yang nyinyir terhadap pemerintah, BIN justru bekerja dalam senyap untuk menekan laju pemaparan Covid-19,” tambah Boni.

BIN, tambah Boni, benar-benar memberikan teladan pengabdian yang langka dan mahal. Sebab, banyak elite politik sibuk mendiskusikan Pilpres 2024, kata Boni, Budi Gunawan justru fokus bekerja meski harus bertarung dengan virus yang mematikan.

“Sosok Jend Pol Profesor Budi Gunawan adalah pribadi yang cerdas, tekun, dan pekerja keras. Dalam banyak hal. Pak BG mirip dengan kepribadian Presiden Jokowi yang mendahulukan kerja daripada berwacana,” ia menambahkan.

Para politisi, masih kata Boni, khususnya para pembantu presiden yang lain, kata Boni, harus meniru teladan Jokowi dan Budi Gunawan yang jarang bicara tetapi banyak bekerja. Menurut dia, banyak pemimpin dunia yang juga bekerja keras di tengah pandemi tetapi tidak banyak yang seperti Jokowi.

“Kanselir Jerman Angela Merkel juga fokus dan bekerja efektif melawan pandemi tetapi dia tidak banyak blusukan. Presiden AS Joe Biden juga begitu serius mengurus negaranya di tengah pandemi tetapi Joe tidak sampai ke desa-desa menyapa rakyatnya yang terpapar Covid-19,” kata Boni.

Boni lanjutkan, Jokowi tampil beda dalam kesederhanaannya. Jokowi, kata dia, dibantu oleh kerja efektif BIN dan institusi lain seperti TNI dan Polri yang juga berjibaku siang malam untuk menangani pandemi.

“Masyarakat melihat sendiri dedikasi dari institusi-institusi negara ini di tengah situasi sulit yang dihadapi bangsa ini,” pungkasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait