Panwaslih Silaturrahmi Bersama Wartawan Di Coffee Bireuen Partee

  • Whatsapp

Panwaslih: Kita Selamatkan Pilkada Aceh 2017
Bireuen- Aceh Beritalima.com Acara Silaturrahmi Panwaslih bersama Wartawan liputan Bireuen, dalam rangka melakukan pengawasan tahapan Pemilu Kada serentak, mulai pencalonan sampai rekapitulasi jumlah suara, Rabu (8/2/2017) di Cafee Bireuen Partee, jalan Juli Bireuen.
Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Bireuen telah mulai melakukan pengawasan dalam pelaksanaan pilkada tahun 2017 sejak dari tahapan pencalonan kandidat Bupati Bireuen dan Wakil Bupati Bireuen sampai nantinya pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi suara.
Ketua Panwaslih Bireuen, Muhammad Basyir S.Hi MA, dalam silaturahmi dengan wartawan liputan Bireuen, yang didampingi komisioner Panwaslih lainnya, Murdeli SH dan Bukhari S.Pd.I menyebutkan, beberapa tahapan yang telah dilakukan Panwaslih Bireuen, mulai proses pencalonan, penetapan calon, lalu penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).
Menerutnya, “Kita juga ikut melakukan verifikasi data, tahapan yang dilakukan KIP dalam penentuan DPT sudah sesuai ketentuan dan sesuai hasil verifikasi Pengawas Pemilu Lapangan (PPL). Bagi yang tak masuk DPT, bisa mencoblos menggunakan surat keterangan yang dikeluarkan Dukcapil saat pemilihan nanti,” jelas Basyir.
Menambahkan, pihaknya melakukan pengawasan pada tahap kampanye, mulai dari kampanye terbatas, dialogis dan rapat umum yang akan diawasi sampai 11 Februari 2017. “Setelah itu, dalam masa tenang, semua alat peraga Kampanye (APK) paslon harus sudah dibersihkan dan ditertibkan semuanya pada 12 Februari 2017, sudah tidak boleh ada satupun,” kata Basyir.
Setelah itu, tahapan yang juga akan diawasi Panwaslih Bireuen adalah pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi suara. Dia berharap, masyarakat juga ikut terlibat aktif memantau dan melakukan pengawasan pada hari pemilihan nantinya.
“Kami mengajak semuanya untuk melakukan pengawasan rekapitulasi hasil perhitungan suara dengan cara pemotretan formulir C1 plano (lembaran penghitungan suara) di TPS-TPS,” harapnya.
Sejauh ini, Basyir mengungkapkan, ada 12 laporan pelanggaran yang diterima pihaknya, terbanyak adalah mengenai pengrusakan sejumlah baliho dan spanduk.
“Jumlah petugas yang melakukan pengawasan ada 708 orang di mana masing-masing TPS di Kabupaten Bireuen diawasi satu orang. Jumlah PPL ada 609 orang di setiap gampong, sementara jumlah pengawas di Kabupaten ada 5 orang dan di kecamatan 51 orang, terangnya lagi.
Ia juga menjelaskan, mengenai PNS yang ikut serta kampanye tersebut, yang tak dilarang atau tidak melanggar aturan yaitu, sebatas mendatangi, melihat dan mendengarkan kampanye tersebut, bukanlah terlibat aktif di kepanitian kampanye dan atau sebagai pengurus kampanye disalah satu paslon, ikut serta menyampaikan visi misi paslon tertentu, pungkas Basyir. (Abdullah Peudada)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *